Wujudkan Impian Membeli Rumah Pertama Anda dengan Tips-tips berikut

Wujudkan Impian Membeli Rumah Pertama Anda dengan Tips-tips berikut

Memiliki rumah adalah impian semua orang. Pengeluaran terbesar dalam hidup seseorang biasanya adalah untuk membeli rumah. Harga rumah impian memang selangit, namun ini adalah investasi jangka panjang yang akan sangat berpengaruh bagi kehidupan Anda.

Namun pastikan Anda membeli rumah dengan rasional. Jangan sampai Anda justru terjerumus dalam krisis finansial gara gara langkah yang tidak tepat dalam membeli rumah. Berikut tips mewujudkan keinginan Anda untuk membeli rumah impian.

Pastikan Anda Memiliki Pendapatan Tetap Setiap Bulan

Tidak banyak orang yang mampu membayar rumah secara tunai. Harga tanah yang kian melambung memang mebuat harga rumah ideal menjadi semakin mahal dan sulit dijangkau. Maka mau tidak mau seseorang harus berhutang pada bank dalam jangka waktu 20 hingga 30 tahun.

Bila Anda adalah pegawai yang digaji tiap bulan, tagihan bulanan dari bank mungkin tidak menjadi masalah bagi Anda. Namun bagi Anda yang memiliki bisnis sendiri, Anda harus berkutat dengan birokrasi pemerintah yang lebih rumit. Persyaratan dari bank inilah yang harus Anda penuhi. Pastikan bahwa bisnis Anda terdaftar secara hukum dan tidak terkena kasus pajak.

Periksa Daftar Harga Rumah Setipe di Area Sekitar

Jangan langsung memutuskan untuk mengambil properti yang pertama Anda lihat. Tinjaulah dulu pilihan apa saja yang ada di pasar sekitar lokasi yang Anda ingini, walaupun itu hanya pencarian online sederhana untuk memastikan Anda mendapatkan harga terbaik. Keputusan terakhir Anda dapat didasarkan oleh pengetahuan tentang pasar properti lokal.

Pastikan Anda Membeli di Lokasi yang Mempunyai Potensi Jual dan Sewa yang Baik

Ada kemungkinan di masa depan Anda memiliki rezeki lebih untuk memiliki rumah lainnya. Maka dari itu pastikan bahwa lokasi properti pilihan Anda berpotensi sebagai aset yang dapat Anda sewa atau jual di masa depan. Lebih baik lagi apabila Anda dapat menganalisa tingkat kenaikan harga yang mungkin terjadi di daerah tersebut. Misalnya, terdapat pembangunan jalan tol atau rel kereta yang mengakibatkan tanah di lokasi itu menjadi naik harganya. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan rumah yang lebih besar di masa depan.

Baca juga :  Kriteria Rumah Sehat dan Nyaman

Bertransaksi dengan Developer Properti Anda Kredibel

Hati-hati dengan developer yang hanya akan menyusahkan Anda kedepannya dengan perjanjian perjanjian yang menyulitkan serta kualitas bangunan yang tidak sesuai.

Jangan hanya terpikat pada harga yang terjangkau, namun perhatikan pula bagaimana developer menanggapi permasalah lingkungan properti seperti saluran air, penanganan banjir, serta bahan bahan bangunan yang digunakan.

Pastikan Anda benar benar puas dengan rumah yang ditawarkan oleh developer. Komunikasikanlah dengan baik apabila ada kekurangan kekurangan yang perlu diperbaiki.

Lakukan Pengecekan Dokumen Secara Berkala

Jangan langsung percaya dengan kepastian dokumen yang diberikan pada Anda di awal. Terus menerus lakukan kros cek terkait keaslian dokumen kepemilikan tanah, dokumen pajak bangunan serta dokumen lainnya.

Anda juga harus memastikan bahwa perjanjian yang Anda buat dengan penjual terkait biaya biaya tambahan sudah jelas dan sesuai dengan ekspektasi Anda. Jangan sampai Anda terkaget-kaget dengan biaya yang melambung akibat pajak-pajak yang tidak terdeteksi sebelumnya.

  like this

Related Post

Leave a Reply