Waspadai Penyakit yang Banyak Menyerang Kesehatan Wanita

Waspadai Penyakit yang Banyak Menyerang Kesehatan Wanita

Wanita memiliki kondisi biologis dan fisiologis yang berbeda dengan pria. Akibatnya, banyak faktor yang dapat dengan mudah memengaruhi kondisi kesehatan wanita dibandingkan pria. Sehingga wanita menjadi sangat rentan terkena berbagai macam penyakit. Oleh karena itu untuk Anda para wanita, sebaiknya berhati-hati dan waspada terhadap penyakit yang bisa menyerang Anda kapan saja.
Berikut ini adalah beberapa contoh penyakit yang banyak menyerang kesehatan wanita. Kenali dan ketahui cara mencegahnya.

1.    Radang Kandung Kemih

Penyakit yang satu ini cukup rawan menyerang kesehatan kaum wanita, gejalanya adalah sering buang air kecil disertai rasa perih. Untuk mencegahnya, hindari memaksakan diri untuk menahan buang air kecil, rawat organ kewanitaan secara baik, banyak minum air putih, dan selalu mengganti pakaian dalam secara teratur.

2.    Anemia

Wanita sangat mudah terkena anemia, gejala anemia ini ditandai dengan keadaan atau kondisi tubuh yang mudah lelah, letih, lesu, dan pucat. Cara mencegahnya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, khususnya sayur-sayuran seperti bayam, sawi hijau, kangkung, dan kacang panjang.

3.    Keputihan

Gejala penyakit ini ditandai dengan keluarnya cairan putih dari organ kewanitaan, berwarna kuning kehijauan, lengket, bau, dan gatal. Cara mencegah penyakit satu ini adalah dengan menjaga organ kewanitaan Anda selalu dalam keadaan bersih dan kering sebelum berpakaian, serta selalu gunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat.

4.    Osteoporosis

Penyakit ini biasanya dialami oleh para wanita pasca menopause akibat berkurangnya hormon estrogen. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya kepadatan tulang, sehingga meningkatkan risiko pengeroposan tulang lebih cepat. Untuk mencegahnya, perbanyaklah asupan kalsium dan berolahraga, minimal berjalan kaki secara teratur selama 50 menit, 5 kali dalam seminggu.

Baca juga :  Cara Mengecilkan Perut Buncit Biar Makin Percaya Diri

5.    Sindrom Pramenstruasi

Penyakit ini sering muncul pada masa menjelang menstruasi pada wanita, gejalanya ditandai dengan nyeri pada perut, pusing, payudara bengkak, badan lesu, dan menurunnya nafsu makan. Cara meminimalisasi timbulnya gejala ini adalah dengan mengurangi konsumsi garam dan minuman bersoda, lakukan diet, dan rutin berolahraga.

6.    Amenorea

Wanita di usia subur biasanya akan mendapat haid secara teratur setiap bulan. Namun, terkadang ada juga yang 3 bulan atau lebih baru mendapat haid kembali. Siklus tidak normal ini disebut juga dengan Amenorea. Amenorea dapat disebabkan oleh masa menyusui, pemakaian kontrasepsi, dan menopause. Cara untuk mengatasinya sendiri bergantung pada penyebabnya, jika disebabkan oleh kegemukan, turunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal Anda.

7.    Migrain

Beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya migrain di antaranya adalah stres, terlalu banyak mengonsumsi cokelat dan kafein, tidur berlebihan atau kurang tidur, asap rokok, dan haid. Penyakit migrain ini dapat diatasi dengan mengonsumsi obat sakit kepala dan istirahat.

8.    Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling banyak diderita kaum wanita. Kanker ini tergolong sebagai kanker ganas yang menyerang jaringan payudara. Untuk mencegahnya, kita harus memulai pola hidup yang sehat, perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, dan olahraga. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang berlemak, rokok, alkohol, dan stres berlebih.
Itulah 8 contoh penyakit yang paling banyak menyerang kesehatan wanita. Tetap perhatikan dan lindungi kondisi kesehatan Anda. Jaga gaya hidup sehat agar selalu terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Ingin hidup Anda lebih berarti? Download ebook ini untuk menjadikan hari-hari Anda dipenuhi kegiatan produktif yang penuh makna.

1 like

Related Post

Leave a Reply