Tips Menabung Buat Pemilik Gaji UMR

tips menabung gaji umr

Sudah bertahun-tahun kerja tapi gaji dari atasan tidak kunjung naik? Sementara ada banyak rencana besar yang menunggu untuk segera direalisasikan beberapa tahun mendatang? Gampang kok, menabung saja! Lho, cukupkah membagi gaji yang sedikit itu untuk kebutuhan dan menabung? Cukup saja, asal kita tahu kuncinya.
Sebetulnya, kita sangat bisa lho menyisihkan uang untuk menabung dari pemasukan sekecil apa pun. Sebaliknya gaji sebesar apa pun yang kita terima hanya akan lewat begitu saja jika kita tidak punya tekad kuat untuk menyisihkannya. Selain kemauan, ada juga tips menabung yang wajib kamu terapkan:

• Seimbangkan Pemasukan dan Pengeluaran

Poin yang paling utama adalah menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran. Mulailah dengan menghitung secara cermat berapa gaji yang kamu terima setiap bulannya, lalu catat berapa jumlah uang yang harus kamu keluarkan untuk kebutuhan selama sebulan itu. Ingat, jangan besar pasak daripada tiang. Belanjakan uang pada hal-hal yang memang penting dan kamu perlukan.

• Tahan Hasrat Belanja

Hampir setiap orang selalu kalap untuk menghabiskan uang ketika baru menerima gaji. Hal inilah yang sebenarnya membuat uang kamu cepat habis (bahkan sebelum gaji berikutnya diterima). Lebih baik kontrol hasrat belanjamu sebaik mungkin, kurangi jalan-jalan ke pusat perbelanjaan yang merupakan pemicu utama terkurasnya saldo di ATM.

• Bawa Uang Secukupnya

Tips lain untuk menghemat pengeluaran adalah dengan membawa uang secukupnya ketika bepergian (terutama saat berbelanja). Dengan begini, nafsu belanjamu akan lebih terkontrol karena tidak ada uang di dompet yang bisa kamu belanjakan.

• Jangan Terlalu Sering Makan di Luar

Selain belanja, terlalu sering makan di luar juga bisa membuat pengeluaran membengkak. Sekali-kali, bolehlah makan di luar sebagai ajang relaksasi, tapi jangan sering-sering. Lebih baik masaklah sendiri, karena selain lebih hemat, makanan yang dimasak sendiri juga dijamin lebih sehat.

Baca juga :  5 Cara Bahagia Hanya dengan Uang 10 Ribu Rupiah

• Alokasikan Sebagian Pemasukan untuk Berbisnis dan Investasi

Tips berikutnya yang perlu kamu terapkan adalah mengalokasikan sebagain pemasukan untuk berbisnis. Tidak perlu muluk-muluk membayangkan punya bisnis yang besar, pelan-pelan saja. Bisnis apa saja yang sekiranya tidak terlalu susah dan membutuhkan modal yang sedikit. Dengan berbisnis, uang yang masuk bisa kamu putar dengan baik. Nah, keuntungan dari bisnis ini nantinya bisa kamu tabung.

• Menabung Sekarang Juga

Rasanya, semua tips di atas akan sia-sia kalau hanya dibaca dan tidak ada aksi nyata dari kamu sendiri. Bagaimana memulainya? Yang perlu digarisbwahi: jangan menunda-nunda, sebab menabung hanya bisa dilakukan kalau kamu sendiri mulai menabung. Sekarang, bukan besok apalagi kapan-kapan.
Nah, itu dia tips menabung buat kalian yang masih bergaji pas-pasan. Ingat, di mana ada kemauan di situ ada jalan. Ternyata punya gaji UMR juga bisa menabung dan bahagia kan. Dapatkan tips bahagia lainnya di The Happy Dept.

  like this

Related Post

Leave a Reply