Tips Agar Terhindari dari Penipuan Ketika Berbelanja Online

tips belanja online

Dewasa ini, sudah bukan hal baru bagi kita untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Kemudahan dan keamanan yang ditawarkan oleh berbagai online shop pun membuat kita tak segan-segan untuk ikut berpartisipasi di dalamnya. Namun patut menjadi perhatian bagi kita untuk mengetahui beberapa tips agar terhindar dari penipuan ketika bertransaksi online.

1.    PILIHLAH TOKO ONLINE TERPERCAYA
Saat ini, banyak sekali toko online yang ada di Indonesia. Beragam produk dan promo yang ditawarkanpun beraneka ragam. Sebagai smart buyer, kita harus teliti dalam memilih toko online terpercaya. Alangkah baiknya kita memilih toko online yang terbukti memberikan pelayanan, keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Pilihlah toko online yang sudah terverified

2.    JANGAN PERNAH TRANSFER UANG LANGSUNG KE PENJUAL
Terkadang, penjual online yang mengiklankan produknya di situs online, meminta kepada pembeli untuk mentransferkan uang langsung kepada penjual. Hal ini mungkin bisa dikatakan wajar jika memang si pembeli sudah mengenal baik penjual tersebut. Namun jika pembeli belum mengenal baik si penjual, alangkah baiknya pembeli meminta untuk melakukan transaksi via Rekening Bersama. Hal ini tentu memberi keamanan kepada kedua belah pihak dimana, uang yang ditransferkan pembeli akan diterima penjual setelah pembeli menerima barang yang dipesan dari penjual.

3.    TELITILAH DALAM MEMILIH PRODUK YANG AKAN DIBELI
Terkadang ada beberapa toko online yang mengiklankan produknya dengan menyisipkan foto produk dari sumber lain yang terlihat lebih bagus dibandingkan bila toko online tersebut memberikan foto asli produknya. Hal ini memang wajar bila barang yang dijual memiliki kualitas yang sama sesuai dengan yang ada di foto. Namun hal ini akan menjadi penipuan bila barang yang dijual tidak sesuai dengan yang ada di foto, oleh sebab itu sebagai pembeli yang cerdas alangkah baiknya kita tanyakan langsung pada penjual tentang deskripsi lengkap mengenai produk yang dijualnya

Baca juga :  [QUIZ] Apakah Anda Bahagia dengan Pekerjaan Anda?

4.    JANGAN MUDAH TERPESONA DENGAN HARGA YANG SANGAT MURAH
Terkadang kita tergiur dengan produk-produk yang kita tahu harganya sangat mahal namun dijual dengan harga yang sangat murah oleh beberapa toko online yang ada. Tentu sebagai smart buyer kita harus pintar memilih ketika akan membeli produk tersebut. Yang patut dipertanyakan adalah kenapa harga barang yang mahal di pasaran dapat dijual dengan sangat murah. Apakah memang produk tersebut memiliki kualitas yang sama dengan produk mahal yang ada di pasaran ataukah tidak. Tentu hal ini patut menjadi bahan pertimbangan mengingat tak jarang di luaran sana, ada toko-toko online yang menjual produk murah karena kualitasnya kurang bagus.

Jadilah pembeli yang cerdas ketika akan membeli produk-produk secara online. Pilihlah toko online terpercaya dan pilihlah cara aman dalam bertransaksi jual beli online.

 

Faizal Amri, penulis artikel ini adalah kontributor/featured writer yang memenangkan Kompetisi Menulis Artikel mingguan thehappydept. Anda juga ingin menulis artikel di thehappydept.com? Segera kirim karya Anda ke sini.

1 like

Leave a Reply