Sudah Tahu Efek Psikologis dari Facebook?

Sudah Tahu Efek Psikologis dari Facebook?
Bermain Facebook sudah menjadi rutinitas banyak orang. Tapi, pernahkah terlintas dalam pikiran Anda, apa dampak Facebook bagi kondisi psikologis penggunanya?

Sebuah penelitian dari Texas, Amerika Serikat, menjelaskan efek buruk dari jejaring sosial Facebook yang bisa mengakibatkan perasaan depresi.

Mai-Ly Steers, seorang peneliti dari University of Houston, Texas menjabarkan efek buruk Facebook yang muncul dari suasana penuh ‘persaingan’ di dalam jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu.

Di Facebook, para pengguna ramai mempublikasikan apa pun yang terjadi di kehidupan sehari-harinya, dan hal ini nyatanya menimbulkan perasaan yang suka membanding-bandingkan gaya hidup seseorang dengan yang lain. Hal inilah menimbulkan perasaan depresi.

“Perasaan depresi yang timbul dari Facebook karena kebiasaan para pengguna yang doyan membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, sifatnya sangat berkaitan,” jelas Steers, seperti dikutip dari situs Belfast Telegraph.

Ia menjabarkan, hal bahaya dari Facebook adalah jejaring sosial ini menyuguhkan informasi mengenai teman-teman yang tak terlalu dekat, lalu hal tersebut memberi kesempatan lebih besar lagi untuk membanding-bandingkan keadaan sosial satu sama lain.

 
 

“Anda tak bisa betul-betul menghindari dorongan untuk membanding-bandingkan karena Anda tak akan pernah menebak apa yang akan teman Anda publikasikan. Ditambah, teman-teman Anda pasti berbagi konten bagus yang terjadi di hidupnya,” lanjut Steers.

Menurut Steers, proses membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain secara psikologis sudah pasti menimbulkan rasa depresi karena pasti orang tersebut merasa hidupnya tak sebaik dengan yang lain.

Steers juga berharap, penelitiannya ini akan menitikberatkan pada kecanggihan teknologi yang tak selalu berdampak positif bagi masyarakat dan menyarankan untuk mengurangi penggunaan Facebook demi mengurangi risiko depresi.

Baca juga :  Daftar Film Rilis Bulan Agustus 2016 yang Wajib Anda Tonton
Penelitian Steers yang berjudul “Seeing Everyone Else’s Highlight Reels: How Facebook Usage is Linked to Depressive Symptoms” itu dipublikasikan di Journal of Social Clinical Psychology.
Kesimpulannya, Anda harus bisa menggunakan media sosial dengan bijak agar tidak terkena pengaruf negatif yang ada di dalamnya

Jangan lupa untuk daftar menjadi bagian dari Happyzen untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang tak hanya inspiratif, tapi juga membuat hari Anda lebih bahagia.

Apabila Anda memiliki barang yang membawa kebahagiaan, ceritakan lewat kompetisi #happything. Happyzen yang beruntung dalam kompetisi akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah tiap bulannya.

  like this

Related Post

Leave a Reply