Sudah Berkunjung ke IIMS? Ini Tips Membeli Mobil Untuk Anda

iims

Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke Indonesian International Motor Show alias IIMS pasti tahu bagaimana rasanya melihat mobil dengan beragam desain dan fitur dipajang di depan mata Anda. Banyak orang memimpikan mobil sebagai salah satu dari daftar keinginan paling utama. Setelah punya mobil harga 100 jutaan, rasanya ingin membeli mobil harga 200 jutaan, dan begitu seterusnya. Kenyataannya, industri mobil memang tidak ada habisnya. Apalagi di Indonesia, dimana pajak mobil bisa dibilang lebih murah dibanding negara lainnya, mobil menjadi barang impian yang ingin dibeli banyak orang, terutama mereka yang sudah berkeluarga.

Entah untuk jalan-jalan keluarga, mengantarkan anak-anak ke sekolah atau alat angkutan ke tempat kerja, mobil telah menjadi bagian dari kehidupan keluarga. Barangkali Anda sesungguhnya tidak mampu membeli mobil yang Anda kendarai. Kebanyakan orang Indonesia menghabiskan terlalu banyak uang untuk mobil, dengan anggapan bahwa membayar satu (atau beberapa) cicilan mobil adalah hal yang biasa. Jika harga mobil Anda bernilai lebih mahal dari nilai tabungan pensiun Anda, maka sesungguhnya Anda tidak sanggup membelinya.

Anda dapat—dan seharusnya—mengendarai mobil yang tidak mengharuskan Anda untuk meminjam uang. Berikut ini beberapa tip untuk membantu Anda:

Kendarailah mobil yang Anda miliki sekarang untuk jangka waktu yang lama

Jika Anda masih membayar cicilan mobil Anda, rencanakan lah untuk menggunakannya selama beberapa tahun setelah Anda melunasinya agar Anda bisa menabung untuk membeli penggantinya. Saat Anda mengganti mobil tersebut, batasi lah pembelian Anda senilai jumlah tabungan Anda ditambah nilai mobil yang Anda tukarkan, bahkan bila pun itu berarti Anda harus membeli mobil bekas. Rawatlah mobil yang Anda miliki dan angan menunda perawatan dan perbaikilah kerusakan sewaktu masih kecil.

Baca juga :  Membaca Karakter Seseorang Berdasarkan Warna Favorit

Jangan berusaha menyaingi tetangga Anda

Akan selalu ada godaan untuk membeli mobil baru. Jangan biarkan tetangga Anda memengaruhi keputusan Anda kapan Anda memerlukan mobil baru. Anda perlu memutuskan kapan Anda mempunyai uang tabungan dan ingin melakukan pembelian tersebut.

Ingatlah bahwa hampir semua mobil akhirnya akan berada di tempat yang sama: tempat rongsokan besi tua

Mobil bukanlah investasi. Mobil tidak menghasilkan bunga–bahkan bila pendapat suami Anda begitu. Mobil merupakan aset produktif, namun mengalami penyusutan nilai. Belilah mobil atas kegunaan yang diberikannya dan bukan atas gaya yang ditampilkannya.

Carilah mobil yang sanggup Anda beli dan biaya operasionalnya sanggup Anda bayar

Saat Anda membeli mobil sekali lagi (lihatlah rujukan nomor 1) carilah mobil yang sanggup Anda beli. Ada banyak situs di internet yang menyediakan perkiraan biaya kepemilikan yang dapat membantu Anda membandingkan mobil-mobil yang sedang Anda pertimbangkan untuk beli. Kadang-kadang, mobil termurah bukanlah mobil dengan harga termurah. Kadang-kadang mobil dengan label harga termurah bukan merupakan mobil dengan biaya kepemilikan terendah. Pastikan lah Anda membeli mobil yang akan membuat Anda senang mengendarainya untuk jangka waktu yang lama.

Bekali diri Anda dengan pengetahuan secara cermat sebelum membeli mobil dan mengunjungi toko mobil (pertimbangkan untuk mengunjungi beberapa toko untuk mendapatkan penawaran terbaik)

Anda harus mempunyai gagasan yang jelas tentang mobil yang ingin Anda beli, harga dari mobil pilihan yang Anda inginkan dan khususnya insentif yang diberikan oleh pihak pabrik atas pembelian mobil baru. Jagalah diri Anda agar Anda tidak membayar lebih mahal untuk mobil baru tersebut.

Sebenarnya mobil terbaik adalah tidak mempunyai mobil sama sekali. Jika Anda dapat mengosongkan garasi Anda dengan menggunakan angkutan umum, mobil ‘omprengan’, berjalan kaki, atau bersepeda, Anda akan mendapati diri Anda menghemat begitu banyak uang sehingga Anda tidak akan pernah berkeinginan untuk memiliki mobil lagi.

Baca juga :  Indahnya Persahabatan Prilly Latuconsina dan Jessica Mila

Kita tidak harus selalu tergiur dengan pameran mobil yang memajang beragam produk mobil impian. Ingat bahwa kualitas hidup kita tidak ditentukan oleh mobil yang kita miliki. Tetaplah bijaksana dalam menentukan keinginan Anda, dan jangan biarkan orang lain menentukan standar kebahagiaan Anda melalui materi.

Jangan lupa untuk daftar menjadi bagian dari Happyzen untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang tak hanya inspiratif, tapi juga membuat hari Anda lebih bahagia.
Apabila Anda memiliki mobil atau barang yang membawa kebahagiaan, ceritakan lewat kompetisi #happything. Happyzen yang beruntung dalam kompetisi akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah tiap bulannya.

 

  like this

Related Post

Leave a Reply