Stres? Lakukan 8 Hal ini Untuk Hidup Lebih Tenang

stres

Siapa saja pasti pernah merasakan stres. Namun jangan anggap remeh stres. Stres yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan kejiwaan dan membuat Anda lebih rentan pada penyakit-penyakit mematikan. Stres terjadi apabila seseorang merasakan tekanan mental yang kuat akibat beban kehidupan yang dirasakannya. Biasanya stres terjadi pada mereka yang memiliki beban hidup yang besar. Misalnya adalah pekerjaan yang menumpuk, utang yang tak kunjung dapat dilunasi, serta tekanan dari orang-orang serta lingkungan sekitar.
Agar tidak berlanjut ke tahap yang berbahaya, lebih baik Anda segera menangani stres yang Anda alami. Anda harus mampu mengelola stres Anda agar tak menyebabkan tekanan pikiran yang berlebihan. Ada banyak cara menghindari stres yang dapat Anda terapkan pada kehidupan sehari-hari, seperti:

1. Olahraga

Tidak hanya membuat badan menjadi lebih sehat, olahraga terbukti sangat baik untuk mengatasi stres. Olahraga menghasilkan hormon endorfin yang dapat mendorong perasaan senang. Rajin berolahraga akan meningkatkan suasana hati seseorang dan membuatnya merasa lebih percaya diri dalam kehidupan sehari-hari. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa melakukan olahraga. Cara-cara sederhana seperti lari, bersepeda, dan senam dapat memberikan manfaat olahraga bagi Anda. Kalau Anda ingin olahraga yang lebih seru, Anda bisa mencoba olahraga bertema tari-tarian seperti zumba.

2. Traveling

Siapa yang tidak suka traveling? Bahkan orang rela menghabiskan banyak uang untuk bisa berwisata mengunjungi tempat-tempat baru. Wisata dapat dilakukan dengan orang-orang tercinta seperti sahabat, pacar, atau bahkan dengan keluarga. Namun jangan salah, wisata juga dapat Anda lakukan sendirian. Solo traveling alias berpergian sendirian bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan stres. Beragam tempat rekreasi dapat Anda jadikan sebagai tujuan traveling. Wisata alam, misalnya, dapat membuat perasaan serta pikiran Anda menjadi lebih nyaman dan pastinya mampu mendinginkan kepala. Berwisata membantu Anda untuk melupakan masalah Anda sehingga pikiran tidak akan fokus pada tekanan. Tak perlu habis banyak biaya untuk keluar negeri, ada banyak tempat wisata menarik di tanah air yang tak kalah memukau dengan tempat wisata di luar negeri.

Baca juga :  Manfaat Berbagi Sebagai Kunci Kebahagiaan

3. Istirahat cukup

Waktu istirahat sangatlah berharga, bahkan lebih berharga dari waktu yang Anda habiskan untuk bekerja dan berpikir. Bukan hanya tubuh, namun otak kita juga membutuhkan istirahat. Istirahat yang cukup membantu kita dalam menyegarkan kembali otak sehingga dapat kembali digunakan untuk berpikir secara jernih. Membagi waktu dengan baik merupakan solusi jitu bagi Anda untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup.

4. Salurkan hobi

Apa hobi Anda? Tiap orang memiliki hobi yang berbeda beda. Hobi bisa berupa apa saja seperti menggambar, bertualang, atau bahkan menulis. Hobi bisa menjadi obat yang sangat mujarab untuk mengobati stres. Otak akan merasakan rileks di saat Anda mengerjakan hal yang Anda sukai alias hobi, apalagi bisa Anda lakukan dengan orang yang Anda suka.

5. Menonton video lucu

Satu lagi cara menghindari stres adalah dengan menonton video lucu. Menonton video-video lucu dapat membuat Anda tertawa lepas sehingga tekanan pikiran tidak lagi terasa. Ada banyak sekali video lucu yang sekarang banyak tersebar di internet sehingga Anda dapat memanfaatkan video-video tersebut sebagai ajang penghibur diri. Selain video-video tentu media lain seperti acara-acara komedi serta cerita-cerita seru di media massa dapat digunakan sebagai obat penghibur yang mujarab.

6. Relaksasi

Relaksasi bisa Anda dapatkan dari berbagai cara, termasuk dari yoga dan pijatan. Apabila Anda tertekan karena masalah pekerjaan, temukan celah waktu untuk melakukan relaksasi. Relaksasi ini dapat Anda lakukan di rumah maupun bersama para ahlinya. Misalnya, Anda bisa berkunjung ke tempat yoga. Kegiatan ini membantu Anda untuk merilekskan pikiran serta otot-otot di dalam tubuh sehingga tidak terus-terusan tegang dan tidak menjadi penyebab sakit kepala.

Baca juga :  Daftar Film september 2016 yang wajib ditonton

7. Ceritakan masalah kita

Ketika mendapat masalah yang begitu besar, tentu memendam masalah Anda sendiri bukanlah hal yang baik. Ada baiknya jika Anda bercerita kepada teman atau keluarga yang dapat dipercaya dalam menjaga masalah kita. Cari waktu untuk sekadar ‘curhat’ dan mencari solusi atas masalah yang tengah dirasa. Solusi yang baik terkadang bukan berasal dari diri sendiri melainkan dari teman, sehingga tidak ada salahnya jika Anda berbagi pada mereka. Anda tidak perlu terbuka pada siapa saja melainkan cukup pada teman atau keluarga dekat saja.

8. Sikap tegas

Sikap tegas ternyata dapat membantu kita dalam menghindari masalah. Ketika seseorang meminta bantuan kita, memang akan lebih baik jika kita bisa membantu mereka namun jika bantuan yang diinginkan sulit untuk dilakukan, sebaiknya Anda katakan dengan tegas jika Anda tidak dapat membantunya. Ketika mengatakan bersedia membantu bahkan hingga tuntas, tentu akan menjadi masalah ketika Anda tidak benar-benar menguasai hal tersebut.

9. Berencana dengan Baik

Hidup yang lebih tertata rapi akan lebih bebas dari rasa cemas dan gelisah berlebihan yang menjadi sumber utama stres. Persiapkan hari-hari Anda di masa yang akan datang dengan mengatur jadwal serta pengelolaan uang yang baik. Daripada berencana untuk membeli barang atau gadget tertentu, lebih baik Anda berencana membuka tabungan atau mengasuransikan kesehatan serta barang-barang mewah Anda. Baca juga tips memilih asuransi agar hidup anda menjadi lebih tenang dan terhindar dari ketakutan yang tidak perlu.

1 like

Related Post

2 thoughts on “Stres? Lakukan 8 Hal ini Untuk Hidup Lebih Tenang

Leave a Reply