Simak Yuk 7 Tips Ampuh Menghilangkan Sakit Hati dengan Cepat

menghilangkan sakit hati

Sebagai makhluk sosial, tentu kita butuh bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Dengan bersosialisasi, kebutuhan batin manusia akan terpenuhi. Karena perbedaan karakter dan isi pikiran, tak jarang dalam bersosialisasi ada pihak yang merasa kurang nyaman atau bahkan sakit hati dengan sikap lawan bicaranya. Atau barangkali Anda sendiri yang sering jadi “korban” sakit hati ini? Nah, berikut ada 7 tips ampuh menghilangkan rasa sakit hati:

  • Introspeksi Diri

Hal pertama yang harus kita perbuat adalah introspeksi atau koreksi diri. Tanyakan kembali mengapa mereka sampai menyakiti kita, adakah hal tersebut dipicu oleh perbuatan kita (sengaja maupun tidak) sendiri di masa lampau yang mungkin kurang menyenangkan di mata orang lain?

  • Berpikir Positif

Jika sudah berusaha mengoreksi diri, lanjutkan dengan selalu berpikir positif. Misalkan ketika ada orang yang bersikap atau berbicara kurang enak kepada kita. Berpikirlah positif mungkin saja mereka tidak ada maksud menyakiti kita. Yang perlu diingat, jangan serang balik mereka dengan perbuatan serupa.

  • Jangan Mudah Marah

Orang yang sakit hati biasanya dimulai dari rasa marah berlebihan. Jika terus dipendam, rasa marah lama-lama akan menjadi sakit hati dan bukan mustahil lagi menjadi dendam. Lebih baik, sikapi semua permasalahan dengan kepala dingin.

  • Memaafkan

Cara lain untuk menghilangkan sakit hati adalah dengan memaafkan perbuatan orang lain yang sudah menyakiti kita. Memaafkan memang bukan perkara yang mudah, tapi bukan berarti kita tidak bisa, kan? Nyatanya, memaafkan adalah langkah paling tepat untuk melepas rasa sakit di hati kita.

  • Jangan Pernah Mendendam

Seperti yang sudah disebutkan, dendam biasanya berpangkal dari rasa marah yang terus ditahan. Nah, jika tidak dikelola dan diusir jauh-jauh, dendam justru akan membuat rasa sakit dalam hati kita semakin menjadi lho. Lagi pun, tidak ada gunanya menaruh dendam kepada orang lain, bahkan kepada mereka yang sudah menyakiti kita sedemikian dalam.

  • Lupakan
Baca juga :  Keluarga Bahagia Memiliki 5 Prinsip Utama Ini

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan melupakan apa yang sudah orang lain lakukan kepada kita. Percayalah, dengan melupakan, hati kita akan menjadi lebih tenang karena tidak dipenuhi dengan segala macam “beban” seperti amarah, benci, apalagi dendam.

  • Jangan Lupa Move On

Ya, langkah terakhir untuk bisa menghilangkan sakit hati adalah move on alias melanjutkan hidup. Kenapa? Karena hanya dengan melanjutkan hidup, pikiran kita tidak lagi dibebani dengan macam-macam pikiran tak enak dan peristiwa menyakitkan di masa lalu.

Nah, itu dia 7 cara menghilangkan sakit hati yang bisa teman-teman coba. Semoga kita semua tetap diberi hati yang bersih, ya!

22 likes

Related Post

Leave a Reply