Simak Tiga Tips Sukses Wawancara Kerja Berikut!

Tips Sukses Wawancara Kerja

Dengan segudang bekal ilmu dan impian masa depan–bagaimana pun Anda ingin diterima di perusahaan besar dan ternama. Apalagi, jika sejak dini, kantor itu sudah menjadi incaran Anda.

Serupa “gerbang akhir” medan perang, proses interview atau wawancara kerja sendiri menjadi tahap final yang amat menentukan. Tidak heran, jika untuk “lulus” pada babak itu, Anda harus melakukan persiapan yang benar-benar matang. Kendati berpengaruh, berpakaian rapi dan datang lebih awal saja,belumlah cukup.

Untuk meyakinkan si pewawancara bahwa Andalah orang yang tepat, Anda harus menciptakan kesan yang hangat, yakin, dan percaya diri. Nah, sebagai informasi, berikut adalah tiga tips sukses wawancara kerja yang dapat Anda praktikkan.

  1. Kesan Pertama yang Baik

Ciptakan kesan pertama yang baik. Ini meliputi cara berpakaian yang rapi, nada sopan dan hangat, hingga jabatan tangan yang tegas dan bersahabat. Bagaimana pun, inilah first impression atau kesan pertama yang harus Anda bangun, untuk “memudahkan” proses wawancara Anda.

Datanglah lebih awal sebelum jadwal wawancara. Hal ini bisa menunjukkan bahwa perusahaan itu punya posisi penting di hati dan Anda memang sungguh-sungguh berniat bekerja di sana. Di sisi lain, tindakan ini juga merupakan bentuk penghargaan Anda terhadap si pewawancara. Berjabat tanganlah dengan tegas dan hangat. Secara tidak langsung, hal ini dapat mencerminkan Anda pribadi yang terbuka dan percaya diri.

  1. Bahasa Tubuh yang Menunjang

Meski bahasa tubuh adalah sesuatu yang sering tidak kita sadari, berhati-hatilah dengan bahasa tubuh Anda. Alih-alih melipat tangan di depan dada, bermain dengan pulpen, atau duduk terlalu menyandar–Anda dapat menggantinya dengan bahasa tubuh lain yang menandakan antusiasme diri.

Baca juga :  Ide Bisnis Online yang Menguntungkan

Jangan sampai pewawancara menangkap ketidaknyamanan Anda. Sebaliknya, jawablah seluruh pertanyaan mereka dengan antusias dan percaya diri. Hindari jawaban berbelit, dan berikanlah jawaban yang lugas dan tepat. Jangan berbohong untuk sesuatu yang tidak Anda tahu atau lakukan. Bagaimana pun, berbohong bisa berdampak buruk bagi kelangsungan karier Anda–terlebih saat perusahaan mengetahui kebenarannya.

  1. Berlatihlah

Sejak mengetahui tanggal wawancara, cobalah untuk berlatih. Anda dapat mencari beragam “soal” maupun pertanyaan wawancara yang tersedia di internet–lalu melakukan praktik, seolah-olah Anda sedang berada pada tes wawancara yang sesungguhnya.

Visualisasikan sesi tanya jawab yang ideal. Selain melatih Anda bagaimana cara “menjawab” pertanyaan dengan baik dan benar, cara ini juga akan membantu pikiran Anda merasa lebih tenang. Adapun jangan khawatir, sebab beragam panduan terkait tips sukses wawancara kerja bisa Anda dapatkan dengan mudah di banyak buku, majalah, maupun internet.

Itulah tiga tips sukses wawancara kerja yang dapat Anda praktikkan. Selamat sukses!

 

 

 

 

 

  like this

Related Post

Leave a Reply