Rahasia Tetap Aktif dan Semangat Saat Puasa

rahasia tetap aktif saat puasa

Bulan Puasa atau Bulan Ramadan merupakan bulan penuh barakah yang sebaiknya digunakan untuk beribadah dan mencari pahala sebanyak mungkin. Ibadah puasa merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim yang sudah akil baligh. Ibadah puasa ini juga harus dilakukan selama satu bulan penuh, lalu bagaimanakah cara agar tetap aktif dan semangat saat puasa selama sebulan penuh tersebut?

Jaga Asupan Nutrisi

Saat puasa kita mungkin akan merasa lemas dan lelah, hal ini dikarenakan energi yang ada di dalam tubuh kita semakin menipis karena tidak ada asupan makanan yang masuk selama kita berpuasa. Cara agar tubuh tidak terlalu lemas dan mudah capek adalah dengan menyediakan energi cadangan di dalam tubuh kita. Energi cadangan ini dapat kita peroleh saat kita makan sahur dan buka puasa dengan porsi dan nutrisi yang cukup banyak. Dalam setiap porsi makan pastikan ada makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral di dalamnya.

Hindari Panas

Saat puasa sebaiknya hindari terpapar panas yang terlalu lama. Lingkungan yang panas dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan cukup banyak melalui penguapan, sementara saat berpuasa kita dilarang untuk makan maupun minum. Oleh karena itu, sebaiknya hindari berada di tempat yang terpapar sinar matahari atau tempat panas lainnya agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Tidur Siang

Tidur siang sangat membantu menghemat energi selama berpuasa. Tidur Siang sangat baik bagi orang yang berpuasa karena selain dapat menghemat energi, tidur siang dapat membantu memperbaiki sel yang rusak dan dapat membuat waktu menunggu saat berbuka puasa terasa lebih singkat. Usahakan tidur siang meskipun hanya beberapa menit agar tubuh dapat kembali segar dan fit untuk menjalankan ibadah puasa.

Baca juga :  Cara Mengecilkan Perut Buncit Biar Makin Percaya Diri

Jangan Merokok

Puasa sejatinya secara fisiologis berfungsi untuk mendetoks saluran pencernaan agar dapat berfungsi secara optimal dan membuat tubuh semakin sehat. Merokok merupakan hal yang kontradiktif dengan tujuan puasa secara fisiologis, merokok justru menyebabkan tertumpuknya racun di dalam tubuh sehingga dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Lakukan Kegiatan yang Mengasyikkan

Selama menunggu waktu berbuka sebaiknya lakukan kegiatan yang mengasyikkan seperti ngabuburit, bermain sambung ayat Alquran, membaca Alquran, membuat dekorasi rumah untuk menyambut idul fitri, melakukan road show berbagi takjil, melakukan garage sale untuk dana sosial atau sedekah, dan berbagai aktivitas bermanfaat lainnya.

Sempatkan Olahraga Ringan

Sempatkan olahraga ringan seperi jalan kaki atau jogging selama berpuasa agar sirkulasi darah dan oksigen tetap lancar. Peredaran darah dan oksigen yang lancar dapat membuat tubuh terasa fit dan bugar.

Jaga Asupan Cairan dan Konsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C

Pada malam hari sebaiknya banyak konsumsi air putih dan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Cairan yang adekuat dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi saat berpuasa, sedangkan vitamin C mengandung banyak antioksidan yang dapat membuat tubuh senantiasa segar.
Demikian ulasan mengenai rahasia tetap aktif dan semangat saat puasa. Semoga bermanfaat.

  like this

Related Post

Leave a Reply