Pesona Pulau Pahawang

pesona pulau pahawang

Liburan tidak melulu harus keluar negeri. Di tanah air pun banyak tempat wisata yang penuh pesona eksotis. Kalau Bali sudah terlalu mainstream, jangan khawatir karena Indonesia punya puluhan pulau lainnya yang tak kalah memesona. Salah satu pulau yang dapat Anda coba adalah Pulau Pahawang, Lampung. Pesona Pulau Pahawang di Lampung ini memang tiada duanya.
Lampung dikenal memiliki beragam wisata bahari dikarenakan letaknya yang berada dia antara laut selatan timur dan barat. Lampung memiliki banyak pilihan pulau eksotis yang dapat Anda kunjungi. Salah satu Pulau tersebut adalah Pulau Pahawang, tempat paling bagus di Lampung untuk snorkling melihat terumbu karang yang ada di laut. Selain melihat alam bawah laut, pantai di Pulau Pahawang menampilkan pesonanya melalui hamparan pasir putih.
Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Lokasinya tidak jauh dari Pulau Kelagian, kurang lebih sekitar 5-10 menit perjalanan memakai perahu. Luas Pulau Pahawang sekitar 1.084 hektar dan dihuni oleh sekitar 400 kepala keluarga.

Untuk sampai ke Pulau Pahawang, anda harus menyewa perahu terlebih dahulu. Anda bisa menyeberang ke Pulau Pahawang lewat Dermaga Ketapang, sebelum Pantai Klara Lampung.
Untuk mencapai Pulau Pahawang tidak sulit. Pertama-tama, anda harus menuju Dermaga Ketapang/Pelabuhan Ketapang. Dermaga ini menyediakan banyak sekali sewa perahu plus peralatan snorkling menuju Pulau Pahawang Lampung.

Pelabuhan Ketapang terletak di Kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran. Lokasinya terletak di tengah-tengah antara Pantai Sari Ringgung dan Pantai Klara. Untuk lebih memudahkan, anda bisa melihat Peta Rute Pulau Pahawang berikut:
Sesampainya di Pulau Pahawang, anda bisa mandi di laut dengan puas. Jika anda senang dengan snorkling, anda bisa snorkling di Pulau Pahawang Besar. Di Pahawang Besar ini tempatnya bagus untuk snorkling. Lautnya jernih dan juga banyak terumbu karang di dalamnya.

Baca juga :  11 Manfaat Travelling untuk Kebahagiaan Hidup

Untuk snorkling di Pahawang Besar ini, pengemudi perahu akan menurunkan anda di laut dekat dengan pantai. Jadi perahu berhenti di tengah laut, tidak sampai pantai. Lalu anda turun dari perahu lewat tangga, selanjutnya tinggal berenang dan menikmati indahnya pemandangan bawah laut Pulau Pahawang Besar. Kedalaman airnya mungkin sekitar 2-3 meter. Bagi anda yang belum bisa renang bisa menyewa pelampung. Bisa juga sekalian menyewa alat snorkling.

Di Pulau Pahawang besar ini Anda akan menikmati indahnya terumbu karang di Lampung. Jika anda membawa kue atau roti, anda bisa menebar kue atau roti tadi di sekitar anda, maka ikan akan mengerumuni anda.
Setelah itu tinggal lihat ke bawah laut dan betapa indahnya pemandangan ikan yang berenang di sekeliling anda memakan potongan kue atau roti yang anda sebar tadi. Usahakan memakai alat snorkling atau kaca mata renang agar mata tidak pedih.

Hati-hati juga dengan dareah yang banyak habitat ubur-ubur. Ubur-ubur disini tampak transparan jadi Anda dapat tidak sengaja mengganggu mereka hingga mereka dapat mnyengat Anda. Namun tenang saja, karena biasanya penjaga pantai akan memberi peringatan tentang daerah-daerah yang banyak dilalui ubur-ubur.

Berikut ini adalah foto-foto yang menunjukan keindahan pulau Pahawang beserta keramahan yang ada dsisana. Semoga foto-foto ini dapat memberi Anda inspirasi untuk melakukan rencana liburan Anda selanjutnyaIMG-20160518-WA0008

IMG-20160518-WA0009

IMG-20160518-WA0012

IMG-20160518-WA0013

 

 

IMG-20160518-WA0001

 

Seli Oktina, penulis artikel ini adalah kontributor/featured writter yang memenangkan Kompetisi Menulis Artikel mingguan thehappydept. Anda juga ingin menulis artikel disini? Segera kirim karya Anda di halaman berikut ini http://thehappydept.com/registrasi-kompetisi-menulis-artikel/

  like this

Related Post

Leave a Reply