Pesan Moral dari Film The Jungle Book

Pesan Moral dari Film The Jungle Book

Bingung memilih tayangan yang pas ditonton oleh anak? Hal itu mungkin sering dialami oleh orang tua. Salah satu cara praktis adalah mengajak anak menonton film yang memang ditujukan untuk mereka. Kali ini The Happy Dept akan membahas salah satu film menarik yang bisa Anda tonton bersama anak, yaitu The Jungle Book. Tidak diragukan lagi, film ini penuh dengan pesan moral yang bermanfaat.

The Jungle Book ini sendiri diperankan aktor cilik asal India, Neel Sethi yang didapuk memerankan Mowgli. Sementara untuk pengisi suara binatang, ada banyak jajaran aktor dan aktris ternama yang ikut bergabung. Mulai dari Bill Murray (Baloo), Ben Kingsley (Bagheera), Idris Elba (Shere Khan), Lupita Nyong’o (Raksha), Scarlett Johansson (Kaa), Giancarlo Esposito (Akela), Christopher Walken (King Louie), dan beberapa nama lainnya.

Film yang diangkat dari buku cerita anak-anak karangan Rudyard Kipling ini mengisahkan tentang Mowgli, anak manusia yang tinggal dan dibesarkan serigala betina, Raksha, bersama kawanannya di hutan. Kehidupannya terancam ketika sang harimau hutan nan perkasa, Shere Khan, yang sangat membenci manusia mengetahui keberadaannya dan berjanji akan memburunya. Mowgli akhirnya terpaksa meninggalkan kawanan serigala dan berpetualang ke seluruh hutan untuk menemukan “rumah” baru. Dalam perjalanan bersama para sahabatnya si harimau tutul yang cerdas, Bagheera, dan si beruang konyol, Baloo, dia pun bertemu dengan berbagai hewan lainnya, mulai dari si ular berbisa Kaa, raja monyet King Louis, hingga kawanan gajah yang bijaksana.

Berbagai pesan moral pun bisa dipetik dari film ini. Misalnya pesan tentang bagaimana kasih sayang orang tua begitu kuat hingga mereka bersedia mengorbankan nyawa demi anak, seperti yang dialami oleh ayah Mowgli. Selain itu film ini juga menggambarkan bagaimana kasih sayang orang tua tidak hanya datang dari orang tua kandung, namun juga bisa dari mereka yang membesarkan si anak dari kecil. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana Raksha, sang serigala betina, tidak ingin berpisah dari Mowgli, anak yang dia rawat sedari kecil.

Baca juga :  Kenali 6 Obat Alternatif Penyakit Demam Berdarah Untuk Anak

Tak hanya pesan moral bertema keluarga, The Jungle Book juga mempersembahkan nilai-nilai persahabatan yang dapat dilihat dari hubungan Mowgli dengan Baloo dan Bagheera. Baloo pada awalnya memang hanya memanfaatkan Mowgli, tapi seiring dengan waktu keduanya adalah sahabat yang tidak dapat terpisahkan.

Karakter Mowgli pun menggambarkan sifat-sifat yang patut diteladani, misalnya kecerdasannya dalam merakit peralatan dari hutan, hingga keberanian dan kebaikan hati saat dia menolong bayi gajah yang terjebak dalam lubang.

Satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah cara The Jungle Book menceritakan keagungan alam hutan. Mulai dari keanekaragaman flora dan fauna, hingga kisah kumpulan gajah yang dihormati karena kemampuan mereka dalam membangun hutan.

Kisah petualangan yang penuh pesan moral tersebut diterjemahkan dengan cantik lewat visual yang memukau. Sentuhan Disney lewat karakter yang menghibur serta gubahan scoring dan lagu yang indah membuat film ini semakin apik. Dengan gaya penceritaan yang lebih dewasa dibanding film animasinya, The Jungle Book adalah karya sinematik menawan yang sayang untuk Anda lewatkan apalagi bersama dengan anak-anak.

Jangan lupa untuk daftar menjadi bagian dari Happyzen untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang tak hanya inspiratif, tapi juga membuat hari Anda lebih bahagia.
Apabila Anda memiliki barang yang membawa kebahagiaan, ceritakan lewat kompetisi #happything. Happyzen yang beruntung dalam kompetisi akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah tiap bulannya.
7 likes

Related Post

Leave a Reply