Penting, Ini Dia Empat Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita!

cara menjaga kesehatan reproduksi wanita

Secara umum, kesehatan reproduksi wanita tidak cuma ditentukan oleh kondisi fisik yang “bebas penyakit”, melainkan bagaimana seseorang mampu memiliki organ dan kehidupan seksual yang normal. Tidak dapat diingkari, di sanalah tempat vagina, leher rahim, ovarium, hingga saluran tuba yang berfungsi penting dalam proses pertumbuhan embrio. Sayang, pada banyak kasus, bagian tubuh kaum hawa inilah yang justru paling rentan terserang penyakit.

Mulai dari risiko iritasi, infeksi, hingga kanker serviks, penting bagi para wanita untuk memahami dan menjaga kesehatan organ reproduksinya dengan baik dan benar. Artikel ini sendiri akan membahas empat cara menjaga kesehatan reproduksi wanita agar tetap sehat.

  1. Jaga Kebersihan

Jagalah kebersihan organ reproduksi Anda, dengan membersihkan vagina setelah buang air kecil atau besar; mengganti celana dalam minimal dua kali sehari; hingga menggunakan panty liner saat keputihan. Adapun tingkatkan lagi kebersihan, terutama ketika siklus menstruasi berlangsung. Disarankan untuk sering mengganti pembalut untuk memastikan area vagina Anda bersih dan steril dari bakteri.

Harus dipahami, sekalipun diciptakan khusus untuk membersihkan organ kewanitaan, hindari membersihkan daerah vagina dengan sabun. Banyak kasus membuktikan, kandungan bahan kimia pada sabun akan mengurangi kelembapan, memicu gatal, iritasi, bahkan alergi pada kulit. Sebaliknya, cukup gunakan air bersih untuk mencuci dan membersihkan organ reproduksi.

  1. Pola Hidup Sehat

Biasakan diri Anda memiliki pola hidup yang sehat. Harus dipahami, kegemukan adalah salah satu penyebab lambatnya proses kehamilan pada wanita. Nah, untuk mencegah risiko tersebut, Anda dapat melakukan diet serta mengontrol berat badan dengan pola makan sehat dan teratur.

Baca juga :  Tips Diet dengan Sarapan Sehat yang Bisa Bikin Kurus

Hindari pula kebiasaan merokok. Bagaimana pun, merokok mampu merusak bagian ovarium–yang justru sangat penting dalam proses pembuahan sel telur.

  1. Aktivitas Seksual yang Aman

Sebisa mungkin, jauhilah aktivitas seksual yang berisiko. Harus diingat, banyak penyakit berbahaya–meliputi HIV AIDS, hingga kanker serviks–dapat menular melalui hubungan seksual.

  1. Lakukan Kontrol ke Dokter

Cek kesehatan organ reproduksi kepada dokter maupun tenaga ahli secara berkala. Bukan hanya untuk mengetahui kapan masa sehat dan subur Anda, cara ini juga mampu “mendeteksi” gejala penyakit berisiko yang mungkin sedang hinggap di tubuh Anda.

Adapun jika Anda terkena penyakit, penting untuk melakukan pengobatan secara maksimal–setidaknya hingga benar-benar sembuh. Harus dipahami, siklus menstruasi yang tidak teratur pun, bisa saja menjadi gejala adanya penyakit serius pada organ reproduksi Anda.

Itulah empat cara menjaga kesehatan reproduksi wanita yang harus Anda ketahui. Bukan hanya demi kehamilan dan kesehatan si janin. Bagaimana pun, organ dan sistem reproduksi yang sehat juga menjamin kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

 

 

 

2 likes

Related Post

Leave a Reply