Meningkatkan Kecerdasan Otak dengan Lima Hobi Berikut Ini

meningkatkan kecerdasan otak

Meningkatkan kecerdasan otak ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengisi waktu luang? Berbelanja? Tidur? Memasak? Menonton televisi? Hmm… mungkin ada baiknya Anda mulai mencoba hal-hal di bawah ini. Selain asyik dijadikan sebagai hobi, kegiatan ini ternyata juga bisa meningkatkan kecerdasan otak.

•    Olahraga

Rutin melakukan hobi yang satu ini ternyata tidak hanya membantu Anda dalam menjaga stamina dan bentuk tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Sebuah penelitian di University of Texas, Amerika Serikat, menemukan bahwa dari 1100 mahasiswa, mahasiswa peraih nilai A rutin berolahraga setidaknya 30 menit per hari. Sementara itu, mahasiwa yang banyak memperoleh nilai C, D, dan F jarang berolahraga.
Ketika kita berolahraga, otak melepaskan BDNF (Brain-Derived Neurotrophic Factor), yakni protein yang akan mengaktifkan sel batang otak yang kemudian diubah menjadi neuron baru. BDNF inilah yang membantu meningkatkan kecerdasan otak dan memperpanjang long-term memory pada otak.

•    Membaca

Yang tidak banyak orang tahu, membaca sebenarnya tidak hanya memberi manfaat si pembaca dengan sajian informasi dan hiburan. Hobi yang satu ini juga mampu membantu meningkatkan kecerdasan otak pembacanya.
Anda tidak harus membaca bacaan yang berat dan scientific untuk meningkatkan kecerdasan otak. Pilih jenis bacaan apa saja yang membuat Anda merasa nyaman–mulai dari koran, majalah, komik, novel, hingga bacaan yang sangat serius. Manfaat kecerdasan yang ditingkatkan melalui membaca pun tidak hanya terbatas pada IQ (Intelligent Quality), tetapi juga SQ (Spiritual Quality), dan EQ (Emotional Quality). Selain itu, manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari membaca adalah dengan menurunnya kadar stres.

Baca juga :  Manfaat Kopi: Kunci Hidup Sehat dan Bahagia

•    Bermain Musik

Bermain musik terbukti meningkatkan keterampilan kognitif dan akademik seseorang, termasuk pula di dalamnya pengembangan kreativitas, kemampuan analisis dan logika, bahasa, serta mengembangkan kinerja saraf motorik. Ketika Anda bermain musik, corpus callosum alias otak tengah Anda akan semakin kuat sehingga membuat antarsaraf saling terkoneksi. Adanya koneksi antarsaraf ini yang meningkatkan kemampuan bekerja, memecahkan masalah, dan fungsi otak secara keseluruhan.

•    Belajar Bahasa Asing

Selain meningkatkan kualitas diri, belajar bahasa asing juga sangat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Ketika Anda belajar bahasa asing, bagian-bagian otak yang belum pernah digunakan sejak Anda dapat berbicara. Di samping itu, ancaman demensia dan alzheimer juga dapat ditekan dengan mempelajari bahasa asing.
Kemampuan mengingat seseorang yang dapat berbicara lebih dari satu bahasa lebih baik dibandingkan orang yang hanya berbicara dengan satu bahasa saja. Hal ini juga dipengaruhi oleh ukuran otak pada bagian pusat bahasa dan hippocampus. Mereka yang belajar bahasa asing mengalami peningkatan ukuran hippocampus.

•    Bermain Video Game

Kegiatan yang bagi sebagian orang tidak lebih dari sekedar membuang-buang waktu inirupanya memiliki efek positif, yakni  meningkatkan kecerdasan otak. Hobi yang satu ini akan sangat memberi manfaat terhadap memori otak. Berdasarkan survei yang dilakukan, bermain video game akan meningkatkan pembentukan hippocampus kanan, kortkes kanan, dan otak bilateral.
Itulah beberapa hobi yang dapat Anda lakukan di waktu luang. Selain menghilangkan stres, kecerdasan Anda juga akan semakin meningkat. Have fun!

2 likes

Related Post

Leave a Reply