Memaksakan Bakat Pada Anak: Baik atau Tidak?

Memaksakan Bakat Pada Anak: Baik atau Tidak?
Happyzen, tahukah Anda bahwa hubungan darah antara orangtua dan anak tidak menjamin keduanya punya minat dan bakat yang sama. Sering kali keinginan orangtua berseberangan dengan anak.

Dewasa ini masih banyak ditemukan orangtua yang memaksakan anak menjadi apa yang mereka inginkan. Padahal, anak punya bakat, minat, dan kemampuan berbeda dari orangtuanya. Selain itu juga tidak menutup kemungkinan anak sukses dengan jalan pilihannya.

Pakar psikologi menyatakan bahwa anak memiliki bakat alami yang akan membuat diri mereka spesial. Sehingga, orangtua tidak bisa memaksa anak menjadi A, B, atau C.

Anak bisa tumbuh menjadi apa yang mereka inginkan. Orangtua hanya perlu memberi dukungan positif dan memberi kesempatan mereka mengeksplorasi diri selama tahap pertumbuhan dan perkembangan fisik serta daya pikir anak.

Orangtua yang berfokus pada akademis anak dapat menghambat proses pertumbuhan. Anak juga mengalami tekanan psikologis dan sosial sehingga tidak bebas bereksplorasi.

Sebuah penelitian mengungkap pola asuh tradisional menghambat anak beradaptasi dengan dunia modern. Keinginan mereka dan perkembangannya terbatas kemudian membuat anak tidak tumbuh menjadi apa yang mereka inginkan.

Bisa saja orang tua memaksa anak untuk mendalami piano semenjak kecil, padahal bakat sesungguhnya dari anak tersebut adalah olahraga basket. Bisa juga orang tua berambisi anaknya menjadi teknisi, sementara ternyata minat anak dan bakat anak untuk menjadi seniman begitu kuat.

Orang tua perlu lebih cermat dalam menilai kelebihan dan bakat anak-anak agar pada akhirnya anak dapat tumbuh dan berkembang di bakat yang memang sesuai dengan mereka.

Bagaimana dengan pendapat Anda?

Jangan lupa daftar untuk menjadi bagian dari Happyzen untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang tak hanya inspiratif, tapi juga membuat hari Anda lebih bahagia.
Apabila Anda memiliki benda yang membawa kebahagiaan, ceritakan lewat kompetisi #happything. Happyzen yang beruntung dalam kompetisi akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah tiap bulannya.
sumber: okezone
  like this

Related Post

Baca juga :  Ciptakan Tradisi Keluarga yang Efektif Membangun Karakter Anak

Leave a Reply