Manfaat Senyum Ternyata Luar Biasa

Manusia memiliki berbagai macam ekspresi, ada bahagia, sedih, marah, dan sebagainya. Salah satu cara mengekspresikan rasa bahagia adalah dengan tersenyum. Meskipun tertimpa banyak masalah atau kondisi hati sedang tidak baik, tidak ada salahnya untuk tetap tersenyum kepada orang lain karena manfaat senyum itu banyak sekali. Berikut ini beberapa manfaat senyum ditinjau dari segi kesehatan, psikologis, dan agama, di antaranya:

1.    Senyum Dapat Mengurangi Stres

Di dalam kehidupan ini, tentu Anda sering mendapatkan masalah yang membuat stres. Percaya atau tidak, senyuman dapat mengurangi stres. Penelitian yang dilakukan di University of Kansas, menyimpulkan bahwa stres saat mengerjakan tugas yang berat dapat dihindari dengan tersenyum.

2.    Senyum Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ketika tersenyum, tubuh akan menjadi lebih rileks, lebih seimbang, dan daya tahan tubuh pun akan meningkat. Anda bisa terhindar dari penyakit yang disebabkan daya tahan tubuh yang lemah seperti flu.

3.    Senyum Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah akan meningkat ketika Anda dalam keadaan marah. Cobalah untuk tersenyum karena senyum dapat menurunkan tekanan darah. Anda bisa membuktikannya dengan mengukur tekanan darah saat sedang marah dan tersenyum. Kemudian bandingkan hasilnya.

4.    Senyum Dapat Menghilangkan Rasa Sakit

Selain dapat menurunkan tekanan darah, tersenyum juga dapat melepaskan zat endorfin yang berfungsi menekan rasa sakit.

5.    Senyum Merupakan Obat Awet Muda yang Alami

Otot-otot wajah akan terangkat ketika Anda sedang tersenyum. Otot yang terangkat ini membuat Anda terlihat lebih muda.

6.    Senyum Dapat Membuat Anda Terlihat Lebih Menarik

Senyuman dapat menambah kadar kecantikan dan ketampanan seseorang. Terlebih lagi jika senyum dilakukan dengan tulus. Wajah akan terlihat berseri-seri sehingga akan semakin menarik untuk dilihat.

Baca juga :  Pesona Pulau Pahawang

7.    Senyum Membuat Anda Lebih Mudah Didekati Orang Lain

Sedikit berkaitan dengan poin sebelumnya. Orang yang mudah tersenyum itu terlihat menarik, maka tidak heran jika banyak orang yang mendekat. Berbeda jika ekspresi yang dikeluarkan ekspresi masam, orang lain pun akan menghindar.

8.    Senyum Membuat Orang Lain Ikut Tersenyum

Sama seperti menguap, tersenyum pun dapat menular. Ketika Anda tersenyum kepada orang lain, tentu orang tersebut akan membalas senyuman Anda walaupun mungkin kondisi hatinya sedang tidak baik.

9.    Senyum Membuat Anda Menjadi Orang yang Dapat Dipercaya

Orang yang tersenyum terlihat lebih tepercaya dibandingkan dengan orang yang tanpa ekspresi atau selalu cemberut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin lebar senyum seorang model, maka mereka semakin terlihat dapat dipercaya.

Ternyata manfaat senyum itu sangat banyak. Jadi, mulailah untuk tersenyum mumpung senyum itu masih gratis dan tidak dilarang. Tapi saat tersenyum, perhatikan tempat dan waktu juga ya.

2 likes

Related Post

Leave a Reply