Manfaat Berbagi Sebagai Kunci Kebahagiaan

manfaat berbagi

Membahas tentang Kebahagiaan pasti tak akan ada ujungnya, hal ini disebabkan tak ada satupun manusia di bumi ini yang dalam hidupnya tidak pernah merasakan serta mengejar kebahagiaan, sehingga semua orang pasti membutuhkannya. Berbagai macam cara digunakan untuk mencapai kebahagiaan, beberapa orang berpendapat kebahagiaan hanya dapat diraih menggunakan uang, namun terdapat pula orang yang berasumsi kebahagiaan dapat ditempuh dengan cara yang mudah dan sederhana tanpa mengandalkan materi sebagai sarananya, yaitu dengan*berbagi* pada orang lain.

 

Berbuat baik kepada siapa saja dapat bermanfaat untuk membuat orang semakin bahagia dalam hidupnya, tak percaya? Dijelaskan dalam artikel sebelumnya (Hidup Bahagia Dengan Berbagi).

Psikolog terkemuka, Abraham Harold Maslow menyebutkan, salah satu dari lima kebutuhan dasar manusia adalah aktualisasi diri, dimana pada tingkat kebutuhan yang satu ini seseorang akan berusaha ”melupakan” dirinya, dengan semata-mata ingin memberi manfaat sebesar-besarnya bagi orang lain, atau dengan kata lain berbagi dengan ikhlas.

Selain penjelasan ilmiah tersebut, terdapat juga manfaat berbuat baik kepada orang lain, yang dapat membuktikannya sebagai kunci meraih kebahagiaan.

 

  1. Memberikan Rasa “Nyaman”

Berbagi secara ikhlas, bahkan untuk hal kecil kepada orang lain, seperti tersenyum, memberikan jalan pada penyebrang saat berkendara, atau memberikan uang receh kepada pengemis akan memberikan sebuah perasaan tertentu yang membuat diri Anda akan terasa lebih baik serta lebih nyaman. Pada studi psikologi tentang berbuat kebaikan dengan menolong orang lain secara ikhlas, disebutkan bahwa pada bagian otak tertentu terdapat sebuah sistem mesombolic yang dapat memicu rasa penghargaan terhadap diri

Baca juga :  Realita Kehidupan Setelah Menikah

 

  1. Bertambahnya Rasa Menghargai Diri

Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa hubungan berbagi dengan harga diri seseorang? Dijelaskan oleh para ahli bahwa semakin tinggi perasaan keterhubungan sosial, dalam hal ini melalui cara membantu seseorang, maka akan semakin bertambah pula perasaan lebih menghargai diri, dan akan memberikan manfaat atau efek bersamaan dengan meningkatnya rasa percaya diri.

 

  1. Mempererat Persahabatan

Berbanding lurus dengan kebaikan yang telah Anda lakukan, maka rasa persahabatan akan terjalin semakin erat antara Anda dengan seseorang yang merasakan kebaikan dari diri Anda. Menurut sebuah studi oleh National Institutes of Health kedua belah pihak (si memberi kebaikan serta penerimanya) akan memberikan kontribusi untuk menjaga hubungan yang saling menguntungkan.

 

  1. Memberikan Ketentraman Pada Batin

Dalam sebuah studi oleh United Group Health, 78 persen orang yang secara sukarela menjadi relawan selama 12 bulan, mengungkapkan bahwa kegiatan amal yang mereka lakukan dapat menurunkan stres mereka, juga memberikan perasaan lebihtenang dan damai. Hal ini membuktikan dengan berbagi, maka manfaat yang akan didapatkan adalah pengaruh positif pada ketrentraman batin seseorang.

 

  1. Kebaikan Akan Selalu Menularkan Kebaikan

Dijelaskan oleh para peneliti di University of Cbahwa setiap seseorang melihat orang lain berbuat kebaikan, maka akan memberikan perasaan yang positif (baik) baginya, selain itu akan juga “menularkan” keinginan untuk berbagi mencontoh pada kebaikan yang dilihatnya.

Demikianlah informasi singkat tentang 5 Bukti Manfaat Melakukan ebaikan Adalah Kunci Kebahagiaan, semoga dapat menjadi bacaan yang bermanfaat bagi Happyzen!

sumber: spesialtip.com

1 like

Related Post

Leave a Reply