Langkah untuk Mengembalikan Motivasi Kerja yang Mulai Pudar

Langkah untuk Mengembalikan Motivasi Kerja yang Mulai Pudar

Diakui atau tidak, ada saat tertentu yang membuat Anda enggan beranjak dari kasur untuk bersiap berangkat kerja. Salah satunya, saat harus berpisah dengan akhir pekan. Sebuah ungkapan seperti “I hate Monday” pun sering terdengar dari pegawai kantoran yang menghabiskan sebagian besar minggunya di kantor.
Perasaan malas, tidak bersemangat, dan lelah merupakan indikasi memudarnya motivasi kerja. Jika dibiarkan, bisa berdampak pada kinerja Anda. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mengembalikan motivasi kerja dengan beberapa langkah mudah ini.

1.    Jangan Mempersulit

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan memotivasi diri bahwa tugas yang sedang Anda kerjakan bukanlah hal yang berat. Fokus lah pada perasaan saat pekerjaan Anda selesai, bukan pada sulitnya proses untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

2.    Anda yang Berkuasa

Sering kali, kita mudah merasa kewalahan dengan banyaknya tanggung jawab yang harus diselesaikan, baik masalah personal maupun profesional. Saat menghadapi situasi seperti ini, tetaplah fokus dan yakin bahwa yang berkuasa atas diri Anda adalah Anda sendiri. Artinya, jangan sampai kalah dengan keadaan.

3.    Berteman dengan Pekerja Keras

Jika Anda membutuhkan motivasi untuk bekerja keras, berteman lah dengan orang-orang yang memiliki motivasi tersebut. Misalnya, dengan rekan kerja yang menginspirasi Anda di kantor atau bergabung di sebuah kelompok yang memiliki satu tujuan dengan Anda. Mereka akan memotivasi Anda untuk tetap mengejar tujuan dan mendorong Anda untuk sukses.

4.    Membagi Tugas Besar Menjadi Beberapa Tugas Kecil

Cara ini sangat efektif dan efisien untuk menyelesaikan tugas secara maksimal. Dengan membagi menjadi tugas-tugas kecil, Anda bisa lebih fokus, lebih teliti, dan lebih siap jika ada masalah muncul. Selain itu, ada kepuasan tersendiri saat berhasil menyelesaikan tugas Anda satu per satu. Perasaan inilah yang bisa memotivasi Anda untuk semangat bekerja.

Baca juga :  Gaji Cepat Habis? Inilah Pengeluaran yang Menggerogoti Anggaran Bulanan Anda

5.    Tetap Fokus

Akan sulit memotivasi diri jika Anda sendiri tidak bisa fokus dengan tugas yang sedang dikerjakan. Cara mengatasinya adalah dengan mengurangi gangguan dari luar, seperti email, pesan singkat, maupun media sosial. Ada baiknya Anda memberi batasan yang jelas tentang kapan Anda bisa dihubungi agar Anda memiliki lebih banyak waktu untuk tetap fokus selama mengerjakan tugas.

6.    Ingatlah Alasan Anda

Masih ingatkah perasaan Anda saat pertama kali diterima bekerja? Salah satu cara terbaik untuk memotivasi diri adalah dengan terus mengingat hal apa yang menginspirasi Anda untuk melamar pekerjaan tersebut dan bagaimana perasaaan Anda saat pertama kali bekerja.

7.    Tetap Positif

Melakukan kesalahan dan mengalami kegagalan dalam bekerja bukan hal yang bisa dihindari dan sangat mungkin terjadi. Namun yang membuatnya berbeda adalah bagaimana sikap Anda saat menghadapi kegagalan tersebut. Tetaplah positif dengan melakukan hal yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda dan tidak memikirkan apa kata orang lain tentang Anda. Jangan iri dan kesal dengan kesuksesan orang lain, tapi fokus lah untuk memperbaiki diri dan menonjolkan kelebihan Anda.

Motivasi kerja yang mulai pudar adalah salah satu tanda bahwa Anda mulai kehilangan kepercayaan diri. Bangun kepercayaan diri tersebut dengan terus mengasah kelebihan yang Anda miliki. Dan ingatlah bahwa Anda diterima bekerja karena kemampuan Anda, so keep your head up!

3 likes

Related Post

Leave a Reply