Lakukan Langkah Ini Untuk Segera Mendapatkan Pekerjaan Impian

Lakukan Langkah Ini Untuk Segera Mendapatkan Pekerjaan Impian

Happyzen, apakah Anda atau teman terdekat sedang mengalami kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan impian?

Banyak orang yang masih berusaha keras mendapat pekerjaan impian. Dalam banyak kasus, kemampuan akademis yang tinggi juga seringkali bukan jaminan untuk bisa diterima bekerja sesuai keinginan.

Orang-orang yang sudah mengirimkan puluhan surat lamaran tetapi tidak kunjung diterima bekerja seringkali menjadi frustrasi dan akhirnya putus asa. Akibatnya, mereka cenderung menjadi pengangguran dan memiliki pemikiran yang negatif.

Ada pula mereka yang terjebak dalam pekerjaan yang tidak mereka sukai. Mereka tiap hari harus mengalami stres demi mencari nafkah karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan impian untuk bisa pindah.

Berikut adalah 5 langkah cerdas yang dapat Anda ikuti agar mampu dengan mudah mendapat pekerjaan impian.

1. Perbaiki CV Anda

Sudah berapa puluh lembar kertas Anda habiskan untuk membuat surat lamaran kerja dan riwayat hidup? Atau, berapa kali Anda sudah mengirimkan email untuk melamar pekerjaan?

Daripada bermuram diri dan meratapi kemalangan, akan lebih baik jika Anda memikirkan hal-hal yang menjadi kekurangan. Coba cermati setiap baris surat lamaran kerja serta riwayat hidup yang telah dibuat. Sambil membacanya, posisikan diri Anda sebagai pihak HRD dari perusahaan yang Anda inginkan. Apakah berkas yang telah Anda buat cukup menarik? Jika tidak, maka ada yang perlu Anda benahi.

Anda bisa membuka contoh CV milik teman Anda yang sukses dengan karir mereka atau sekedar melihat-lihat profil orang di LinkedIn. Perhatikan gaya penulisan serta cara mereka menuturkan kelebihan yang mereka miliki. Ingat, bahwa ada banyak trik dan cara untuk menonjolkan kemampuan Anda dalam CV. Pastikan bahwa perusahaan bisa mengenali kualitas Anda yang terbaik melalui CV.

Baca juga :  Cara Bahagia dan Bebas Stres di Kantor

2. Latihan Wawancara

Sesi wawancara kerja adalah saat dimana Anda menjual diri. Untuk itu, katakan bahwa Anda mempunyai kelebihan yang tak dimiliki oleh orang lain, dan yakinkan dengan betul-betul bahwa diri Anda yang selama ini mereka cari. Ingat, bukan saatnya Anda merasa rendah diri. Untuk bisa melewati hal ini, Anda bisa mencoba untuk melatih diri Anda sendiri. Bisa dengan mencoba berbicara di depan kaca, atau membuat daftar mengenai pertanyaan apa saja yang mungkin keluar ketika wawancara.

3. Ikut pelatihan

Pelatihan ini bisa berupa kegiatan seminar bahkan program sertifikasi. Menjajal kegiatan seperti ini akan mampu memperdalam beberapa keahlian yang sudah Anda miliki.

Daftar sertifikasi yang menghiasi CV Anda akan membuat perusahaan lebih yakin pada kemampuan Anda serta menunjukkan bahwa Anda memiliki niat untuk belajar menjadi lebih baik.

4. Bersifat terbuka

Jika Anda adalah seorang fresh graduate yang baru saja melakukan transisi kehidupan, maka yang terpenting bagi Anda adalah mencari pengalaman terlebih dahulu. Jarang sekali terjadi dalam catatan sejarah, pertama kali kerja, fresh graduate dapat menempati posisi sebagai seorang manager.

Dengan kata lain, pengalaman adalah harga mati yang harus Anda bayar untuk meraih posisi yang lebih tinggi lagi. Bersifatlah terbuka. Ketimbang menunggu waktu untuk mengejar perusahaan besar ternama, ada baiknya untuk bergabung dengan perusahaan yang sedang berkembang. Kesempatan Anda untuk melibatkan diri dalam perusahaan tersebut akan terbuka lebar. Tentunya, ini bisa Anda jadikan sebagai portfolio jika suatu saat nanti Anda ingin merealisasikan niat untuk bergabung dengan perusahaan besar.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang sudah memiliki pekerjaan sebelumnya. Pilihlah pekerjaan yang memang tengah membutuhkan kemampuan Anda. Apabila ada posisi tinggi yang ingin Anda raih, tidak ada salahnya Anda mencoba mencari pengalaman dari perusahaan-perusahaan yang masih berkembang. Asalkan bidangnya sesuai dengan impian Anda, Anda akan mendapatkan pengalaman lebih banyak sehingga nantinya kemampuan Anda dapat dilirik oleh perusahaan lain yang lebih besar.

Baca juga :  Tangguh dalam Karir

5. Jadi relawan

Jika Anda termasuk orang yang aktif berorganisasi dan mempunyai banyak pengalaman di luar bidang akademis, maka itu adalah fondasi yang menguatkan Anda di dunia kerja. Namun apabila Anda tidak pernah terlibat organisasi seperti itu, maka kini saatnya Anda menjajal kegiatan tersebut agar mampu memperindah CV yang dimiliki.

Anda bisa mencoba ikut berbagai kegiatan yang membutuhkan banyak sumber daya relawan. Selain menambah pengalaman dan keahlian baru, kegiatan seperti ini juga dapat memperluas jaringan pertemanan Anda.
Selamat berburu pekerjaan impian!
Ceritakan bagaimana pengalaman Anda dalam mengejar kesempatan mendapat pekerjaan impian melalui komentar di bawah ini.
Jangan lewatkan juga untuk mengikuti kompetisi #happything. Happyzen yang beruntung dalam kompetisi akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah tiap bulannya. Jadi, tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga, ya!
sumber: liputan6
  like this

Related Post

Leave a Reply