Kriteria Rumah Sehat dan Nyaman

Kriteria Rumah Sehat dan Nyaman

Memiliki sebuah tempat tinggal atau rumah adalah kebutuhan yang harus terpenuhi oleh setiap individu manusia. Maka dari itu, rumah adalah salah satu hal yang sangat kita butuhkan dalam kehidupan kita supaya kita dapat merasa terlindungi dan kehidupan sehari-hari pun terasa nyaman dan tentram. Dengan kondisi seperti itu, pastinya kita akan merasakan suasana yang lebih bahagia baik itu di hati maupun pikiran kita.

Membicarakan ciri-ciri rumah yang nyaman untuk dihuni tentu dapat menjadi perdebatan tersendiri bagi setiap orang. Kita tentu akan mengenal beberapa orang yang menginginkan ciri-ciri rumah yang berada di area pedesaan nan sejuk dan lapang, namun beberapa orang lain cenderung ingin mendapatkan rumah yang dekat dengan keramaian dan di lingkungan yang padat dengan nilai investasi yang tinggi. Bagaimana dengan Anda?

Dari segi konstruksi bangunan, tentu saja rumah dengan ciri bangunan yang cenderung kokoh dan kuat akan menjadi primadona semua orang karena akan merasa aman di dalam rumah tanpa adanya rasa was-was akan rumah yang bisa jadi roboh setiap saat. Untuk masalah luas bangunan, semua orang tentu akan lebih menginginkan rumah yang cenderung lega dan tidak sempit. Namun, bagi mereka yang tinggal di area perkotaan padat, sisi fungsional tentu akan jauh diperhitungkan alih-alih luasnya ruangan.

Dari segi penerangan, rumah dengan jendela yang cukup agar sinar matahari bisa memenuhi semua ruangan di siang hari akan jauh diminati jika dibandingkan dengan rumah yang minim sinaran matahari sehingga kita harus menyalakan lampu setiap saat dan mendapatkan aura yang cenderung lembab. Disamping itu, cahaya yang cukup biasanya juga diiringi dengan sirkulasi udara yang baik sehingga akan menuntun kita ke segi kesehatan dari rumah ini.

Baca juga :  Rumah atau Apartemen, Pilih yang Mana?

Disamping pasokan sirkulasi udara dan cahaya, rumah dengan pasokan air bersih yang cukup untuk kebersihan dan juga air minum tentu akan lebih diminati. Pastikan pula bahwa rumah memiliki tempat pembuangan sampah yang ideal dan cukup jauh dari rumah serta saluran pembuangan limbah yang baik.

Karena rumah adalah tempat yang kita tinggali setiap harinya, maka menciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman di rumah maupun sekitar rumah merupakan tugas dari kita semua.

Ciri-ciri Rumah yang Nyaman

Mungkin beberapa diantara anda tidak menyadari kondisi lingkungan di sekitar rumah anda, apakah rumah anda sudah terasa nyaman atau anda masih perlu memperbaikinya supaya dapat tercipta suasana lingkungan rumah yang lebih nyaman. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan rumah yang nyaman. Berdasarkan daftar berikut, Anda bisa menentukan sendiri apakah rumah anda sudah memiliki kriteria tersebut.

  • Keserasian lingkungan, hal ini dapat terlihat dari keindahan dan keasrian di lingkungan rumah, seperti banyaknya tumbuhan atau tanaman yang tumbuh yang dapat membuat lingkungan menjadi lebih asri dan sejuk
  • Segi kesehatan, dimana syarat-syarat sebuah rumah sehat terpenuhi, seperti adanya saluran pembuangan air kotor, pembuangan sampah, ruangan memiliki ventilasi dan sinar matahari masuk sehingga ruangan tidak lembab, dan lain-lainnya
  • Sanitasi yang baik, dimana terdapat sumber air bersih yang memenuhi standar kesehatan dan memiliki septic tank atau sarana pembuangan air limbah.
  • Dapur yang bersih dengan pembuangan asap. Rumah yang memiliki dapur bersih dengan sirkulasi pembuangan asap yang baik memiliki pengaruh untuk rumah yang sehat.
  • Konstruksi bangunan, dimana rumah yang dibangun memiliki konstruksi yang kuat dan aman bagi siapapun yang menempatinya dan terdapat pula jaringan listrik
  • Terawat. Rumah yang terawat di setiap sudutnya dan bersih adalah cerminan rumah yang sehat.
  • Bebas kontaminasi. Hindari menggunakan bahan-bahan atau peralatan yang berbahaya dan yang dapat mengganggu kesehatan.
Baca juga :  Cerahkan Suasana Rumah Anda dengan Ide Dekorasi Praktis Ini!

Langkah Membuat Rumah Anda Nyaman dan juga Sehat

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk membuat lingkungan di rumah anda terasa nyaman dan sehat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menciptakan kondisi lingkungan rumah tersebut:

  • Menanam pohon atau tanaman sebagai peneduh di sekitar rumah anda
  • Penempatan jendela yang benar dan baik, untuk mendapatkan sinar matahari yang dapat masuk ke dalam rumah
  • Pemasangan ventilasi yang benar untuk mendapatkan udara sejuk yang mengalir dalam rumah
  • Penempatan toilet dalam rumah yang menyesuaikan dengan arah angin sehingga mencegah timbulnya bau
  • Warna cat yang bersih, dengan menggunakan warna-warna kalem, anda dapat mengetahui apakah rumah anda masih terlihat bersih dan atau sudah harus dicat kembali supaya terlihat lebih bersih
  • Penyekat suhu dan udara untuk menjaga suhu udara dalam rumah agar tidak terasa pengap dan juga mengurangi polusi udara dari luar rumah

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menciptakan rumah idaman dengan lingkungan yang nyaman dan sehat.

Jangan lupa untuk daftar menjadi bagian dari Happyzen untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang tak hanya inspiratif, tapi juga membuat hari Anda lebih bahagia.

 

Apabila rumah Anda menjadi salah satu sumber kebahagiaan hidup Anda, jangan lewatkan untuk mengunggah foto dan menceritakannya lewat kompetisi #happything. Happyzen yang beruntung dalam kompetisi akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah tiap bulannya. Tabungan Anda bisa makin bertambah, Anda pun bisa mempercantik rumah lagi. Jadi tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga, ya!

1 like

Related Post

Leave a Reply