Kesal pada Haters Sosmed seperti Masalah Olla Ramlan? Berikut Cara Menghadapinya

Olla-Ramlan menghadapi haters

Menjadi artis cantik yang menuai popularitas tinggi seperti Olla Ramlan memang sebuah anugerah tersendiri. Namun popularitas bukan berarti lepas dari celaan dan cemoohan orang lain. Olla Ramlam geram ketika harus menghadapi media serta haters yang menyebarkan berita tidak benar tentang penampilan serta pakaian yang dia kenakan di suatu acara. Bahkan beberapa waktu sebelumnya Olla sempat kehabisan kesabaran ketika harus menghadapi haters yang mem-bully anaknya di media sosial.

Orang lain yang belum memiliki popularitas sekelas artis pun terkadang masih harus menghadapi haters yang tak kunjung henti melemparkan komentar pedas di media sosial. Memang inilah resiko perkembangan teknologi. Namun bukan berarti haters di media sosial ini dapat merusak hari Anda dan menanamkan pikiran negatif di benak Anda.

Kali ini The Happy Dept akan memberikan tips untuk menghadapi haters di media sosial. Berikut adalah langkah bijak yang bisa Anda lakukan ketika menemukan komentar pedas dan bernada negatif di akun media sosial Anda.
1. Memperbaiki Diri
Cobalah untuk mengubah cara pandang terhadap banjirnya komentar pedas yang menerpa Anda. Komentar pedas bisa menjadi kritik yang membangun untuk membuat Anda menjadi lebih baik lagi.

Segala yang tampak di akun media sosial Anda, baik itu gaya hidup, penampilan fisik, hingga prestasi bisa membuahkan pro dan kontra. Berbeda pendapat berarti banyak memberikan sudut pandang yang berbeda juga untuk perbaikan diri Anda. Kalau kritikannya benar, Anda harus akui. Kalau kritikannya salah, Anda tinggal mengabaikannya.
2. Didiamkan
Jangan menanggapi komentar dari haters. Pada akhirnya haters akan terus-terusan melontarkan kalimat negatif untuk menyeranag Anda. Menanggapi atau membalas komentar mereka hanya akan memperpanjang masalah. Komentar negatif dari haters di Instagram, tentunya menganggu, bahkan bisa membuat bad mood. Yang terpenting adalah jangan sampai terpancing emosi.
3. Sebaiknya Di-block atau Tidak?
Bagi beberapa orang mem-block akun Instagram yang berkomentar negatif membuat perasaan mereka lebih baik. Hal tersebut bisa membuat mereka lebih tenang, tanpa harus terpancing emosi.

Baca juga :  Selamat Hari Kartini! Dialah Sosok Wanita yang Patut Dijadikan Teladan

Namun ada pula pemilik akun media sosial yang tidak ambil pusing dengan kritikan pedas. Mereka memilih untuk tidak mem-block haters-nya. Haters yang gencar justru akan dibantu oleh haters lainnya untuk menyerang ketika ada salah satu yang di-block. Bila Anda termasuk orang yang bisa menolerir keberadaan haters di sekitar Anda, maka pilihan untuk tidak mem-block bisa Anda ambil.

4. Menghapus Komentar Negatif
Satu komentar negatif bisa memancing komentar lainnya. Terkadang si pemberi komentar negatif tersebut malah di-bully oleh para fans atau pendukung selebgram. Bila Anda tidak ingin hal tersebut terjadi maka lebih baik Anda menghapus komentar-komentar negatif agar tidak memancing keributan.

5. Jalur Hukum

Apabila haters sudah melampaui batas hingga pencemaran nama baik dan penggunaan kalimat-kalimat yang melecehkan, Anda bisa menggunakan jalur hukum.

Komentar yang melampaui batas toleransi di media sosial dapat diadukan berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”). Pada prinsipnya, tindakan menujukkan penghinaan terhadap orang lain dengan maksud diketahui oleh umum tercermin dalam Pasal 27 ayat (3) UU ITE yang berbunyi:

“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.”

Adapun ancaman pidana bagi mereka yang memenuhi unsur dalam Pasal 27 ayat (3) adalah dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) [lihat Pasal 45 ayat (1) UU ITE].

 

Banyak cara menghadapi haters. Pilihlah dengan bijak. Jangan sampai haters merenggut kebahagiaan Anda hari ini.

Baca juga :  Pria Ini Pergi Keliling Dunia dengan Gratis

Jangan lupa untuk daftar menjadi bagian dari Happyzen untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang tak hanya inspiratif, tapi juga membuat hari Anda lebih bahagia. Happyzen yang beruntung dalam kompetisi akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah tiap bulannya, lho! Lumayan kan, untuk menambah uang saku saat traveling. Jadi, tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga, ya!

  like this

Related Post

Leave a Reply