Kenali Alergi Makanan pada Anak Sebelum Terlambat

alergi makanan pada anak

Siapa yang tidak mengenal alergi? Ya, gangguan imunitas ini memang lazim diderita oleh hampir semua orang, terutama bayi dan anak-anak. Sayangnya, tidak semua orang tua paham sepenuhnya mengenai alergi yang diderita oleh anak-anaknya.
Lalu, apa sih sebetulnya alergi itu?
Alergi sendiri merupakan suatu kondisi atau reaksi kekebalan tubuh yang tidak biasa dan menyimpang/berubah dari normal serta dapat menimbulkan gejala merugikan pada tubuh. Alergi umumnya terjadi karena tubuh memberi reaksi berlebihan terhadap sesuatu di lingkungan yang dianggap asing atau berbahaya.
Tubuh bayi, anak-anak, maupun dewasa memiliki satu antibodi yang disebut IgE, antibodi ini merupakan protein pendeteksi zat makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika zat makanan penyebab alergi masuk, antibodi ini akan bekerja melepaskan zat-zat seperti histamin. Nah, inilah yang memicu terjadinya reaksi alergi.
Alergi pada anak-anak
Umumnya orang dewasa, bayi dan anak-anak juga tidak bisa lepas dari alergi. Pemicu alergi pada anak-anak sendiri biasanya bermacam-macam, bisa alergi pada cuaca dingin, alergi debu, bahkan alergi makanan. Nah, Anda, kali ini kita akan membahas poin yang terakhir; alergi makanan pada anak.
Perlu diingat, tidak semua makanan cocok diberikan pada si kecil. Masing-masing anak pun berbeda satu dengan yang lainnya. Beberapa anak cocok makan ikan, sebagian lagi bisa sampai gatal-gatal bila mengonsumsinya. Nah, gejala gatal inilah yang dinamakan alergi.
Sementara itu, makanan-makanan yang biasanya menjadi pemicu alergi di antaranya: susu (sapi maupun kambing), gandum, kacang-kacangan, telur, ikan, seafood, kerang, serta makanan-makanan tertentu. Reaksi alergi yang ditimbulkan pun cukup beragam, mulai dari yang ringan seperti sakit perut dan gatal-gatal, sampai yang cukup berat seperti sesak napas, muntah, bahkan bisa menyebabkan kematian.
Oleh karenanya, penting bagi Anda sebagai orang tua untuk mengenali tanda dan gejala-gejala alergi pada anak sedini mungkin, antara lain:
•    Perut anak kembung, mencret, dan pup-nya lebih cair dari biasanya
•    Anak menjadi rewel karena tidak nyaman dan ada yang dirasakan pada sistem pencernaannya
•    Timbul gatal-gatal, biduran, atau eksem di sekujur kulit
•    Batuk-batuk
•    Mual dan muntah
•    Sesak napas
•    Pembengkakan pada bibir dan tenggorokan
•    Mata anak memerah dan berair
Jika ditemukan tanda-tanda di atas, apa yang sebaiknya dilakukan?
Jika Anda menemui tanda-tanda di atas pada si kecil, segeralah periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti alergi dan mencari penawarnya. Memang, beberapa jenis alergi akan hilang seiring bertambahnya usia si kecil, tapi ada juga alergi yang terus menempel pada tubuh seumur hidup.
Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir dengan terlalu membatasi asupan yang tepat buat anak-anak. Pahami saja alergi yang diderita dan makanan yang menyebabkan alergi tersebut kambuh. Semoga ulasan mengenai alergi makanan pada anak di atas bermanfaat!

Baca juga :  Ingin Punya Momongan? Bersiaplah dengan Budget Besar Ini!

Jangan lewatkan untuk mendownload ebook parenting dari The Happy Dept yang akan membantu Anda menjadi orang tua hebat.

  like this

Related Post

Leave a Reply