Ini 5 Tips Menjalani Hidup Tenang dan Bebas dari Rasa Cemas

hidup tenang dan terbebas dari rasa cemas

Siapa yang tidak ingin hidup tenang dan terbebas dari rasa cemas. Setiap orang tentu mendambakan kehidupan yang tenteram, bahagia, serta jauh dari rasa cemas. Setuju? Ya, meski tidak bisa dimungkiri, tidak pernah ada kehidupan yang betul-betul sempurna dan bebas dari cela. Terkadang, ada saja hal-hal yang memaksa kita menjadi cemas, panik, bahkan murung.

Rasa cemas dan kawan-kawannya itulah yang menjadi penyebab utama hidup terasa tidak menggairahkan. Lalu adakah cara atau tips agar bisa menjalani hidup tenang dan bebas dari cemas? Tentu saja ada, simak sampai poin kelima, ya!

  • Bebaskan Pikiran

Sebetulnya, ada banyak hal di dunia ini yang tidak seharusnya kita cemaskan. Misalnya adalah cemas akan masa depan. Pikiran-pikiran seperti inilah yang sebenarnya hanya akan membuat hidup kita tak tenang. Padahal tidak pernah ada yang tahu akan terjadi apa besok. Karenanya, jalani saja hidup seperti biasa dan merdekakan pikiran sebebas mungkin.

  • Bersikap dan Berpikir Realistis

Hal kedua yang perlu kita terapkan untuk bisa terhindar dari rasa cemas adalah dengan bersikap dan berpikir realistis. Bersikap realistis artinya menyesuaikan dengan kemampuan diri, kenyataan, dan keadaan. Dengan bersikap realistis, kita akan selalu merasa tenang dan dekat dengan kebahagiaan karena tidak dibayang-bayangi harapan yang terlalu tinggi.

  • Hiduplah untuk Saat Ini

Pernah mendengar nasihat dari orang tua perihal “hiduplah untuk saat ini”, bukan? Nah, jika diterapkan dengan baik, nasihat keramat tersebut memang sangat besar lho pengaruhnya dalam hidup kita.

Hidup untuk saat ini artinya kita tidak perlu memikirkan ini itu atau apa pun yang akan terjadi besok, misalnya: besok saya bisa makan tidak ya, besok saya bisa sekolah tidak ya, dan sebagainya. Sebab hal tersebut hanya akan menyita waktu kita yang seharusnya dipakai untuk berbahagia.

  • Jangan Berharap Terlalu Tinggi
Baca juga :  Fakta tentang Senyuman yang Wajib Anda Ketahui

Memang betul, hidup yang tanpa harapan adalah hidup yang tidak layak dijalani, tapi kita juga harus menyesuaikan harapan dengan kenyataan yang ada. Sebab harapan yang terlalu tinggi juga akan membuat kita merasa sakit ketika jatuh dan tidak bisa meraihnya. Berharap dan bermimpi memang diperbolehkan, bahkan diwajibkan, tapi jangan lupa untuk selalu mengimbanginya dengan usaha dan doa, ya.

  • Bersyukur

Kebahagiaan itu datang dari rasa syukur atas setiap nikmat yang diberikan Tuhan kepada kita, sekecil apa pun nikmat itu. Dengan membiasakan diri selalu bersyukur, hidup kita akan menjadi lebih tenang dan jauh dari rasa cemas karena pikiran kita selalu dipenuhi dengan rasa cukup.

Itu saja 5 tips agar bisa hidup tenang dan terbebas dari rasa cemas. Selamat merayakan kebahagiaan dalam hidup, teman-teman semua!

13 likes

Related Post

Leave a Reply