Pertimbangan Penting untuk Menikah Muda

Pertimbangan menikah muda
Keputusan menikah di usia muda dilakukan tidak hanya oleh wanita tapi juga pria. Menikah muda yang thehappydept.com maksud kali ini adalah menikah di bawah usia 25 tahun. Tidak bisa dipungkiri bahwa menikah muda menjadi salah satu pemicu tingginya angka perceraian di tanah air.
Namun bukankah menikah adalah untuk mendapat kebahagiaan hidup? Jangan sampai menikah justru mendatangkan kesedihan.
Lantas, pertimbangan apa yang membuat para muda mudi memilih untuk menikah muda?

Ingin memenuhi tujuan hidup

Menikah merupakan salah satu tujuan hidup seseorang, maka ini menjadi alasan pria dan wanita menikah di usia muda. Berapa pun usianya, bagi mereka sama saja,  dan yang terpenting mereka sudah memiliki calon pasangan dan dapat bertanggung jawab.

Ingin memiliki pendamping hidup

Pria ingin menikah karena ingin menjadi suami dan memiliki istri. Begitu pula dengan wanita yang ingin menjadi istri dan memiliki suami. Mereka merasa sudah mampu menjalani peran sebagai “pendamping hidup” dengan memenuhi segala kewajiban mereka dalam rumah tangga.

Ingin menjadi Orang Tua

Selain ingin memiliki pendamping hidup, seseorang juga ingin memiliki keturunan. Menjadi orang tua adalah impian banyak orang. Untuk mencapai keinginan tersebut mereka harus menikah, dengan begitu mereka dapat menjalankan perannya sebagai ayah maupun ibu.

Ingin lebih mantap secara finansial

Setelah menikah, kebutuhan finansial seseorang semain bertambah. Membayar cicilan rumah serta menabung untuk pendidikan anak menjadi tanggungan yang harus dipenuhi sebagai pasangan suami istri. Bagi mereka yang menikah muda, menanggung beban finansial bersama bisa menjadi alasan agar kondisi ekonomi kedua mempelai semakin mantap. Intinya, semakin awal berjuang bersama, semakin cepat pula hasil yang dapat mereka petik.

Baca juga :  Piala Eropa 2016 Dimulai, Inilah Cara Menghadapi Pasangan yang Gila Bola

Memenuhi tuntutan moral dan agama

Banyak pula mereka yang menikah muda dengan niatan memenuhi petunjuk kepercayaan mereka. Seringkali hubungan percintaan di usia muda  berdekatan dengan seks bebas, sehingga menikah adalah salah satu jalan utama untuk menghindarkan diri dari pergaulan yang tidak diinginkan.

Namun bukan berarti alasan-alasan menikah muda tersebut menjadi landasan utama di dalam pernikahan. Ada banyak pertimbangan lainnya yang harus dipikirkan secara matang.

Inilah pertimbangan menikah muda yang harus dipahami oleh calon pengantin.

1. Culture Shock
Pernikahan bukan hanya menggabungkan dua kepribadian tapi juga peleburan dua keluarga. Seringkali wanita yang menikah di usia muda mentalnya belum cukup matang menerima perubahan yang kontras dalam hidupnya.

Seseorang bisa merasa kaget saat harus beradaptasi dengan keluarga besar pasangannya. Misalnya saat remaja perempuan harus masuk ke keluarga besar suaminya setelah menikah. Akan banyak pertanyaan yang terlontar, ‘Keluarga dia kok begini, kok begitu?’ Hal ini terjadi karena mereka belum matang mentalnya.

2. Emosi yang Masih Labil
Salah satu yang menjadi pertimbangan saat ingin menikah muda adalah emosi yang masih meledak-ledak. Meski terlihat dewasa saat menghadapi masalah ketika pacaran, belum tentu kedewasaan itu cukup untuk mengatasi konflik rumah tangga, misalnya dengan keluarga pasangan.

3. Masalah Anak
Tantangan yang lebih besar lagi ketika mereka sudah memiliki anak. Hal-hal yang dipikirkan pun jadi semakin banyak dan akan lebih memusingkan bagi pasangan yang belum siap mengadapinya.

4. Kedewasaan Menghadapi Anak
Memiliki anak di usia muda belum tentu seindah apa yang Anda bayangkan. Berdasarkan penelitian psikolog, memiliki anak yang jaraknya tergolong dekat dengan orang tua justru berisiko lebih tinggi untuk berkonflik.

Baca juga :  Ide Kencan Hemat Bersama Pasangan

Kesimpulannya, menikah muda harus diiringi dengan pertimbangan yang matang. Jangan sampai karena mengedepankan alasan-alasan tertentu, komponen utama dalam pernikahan seperti kedewasaan dalam bertindak, berkomunikasi serta mengurus anak jadi dihirauan.

Jangan lupa untuk daftar menjadi bagian dari Happyzen untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang tak hanya inspiratif, tapi juga membuat hari Anda lebih bahagia.
Apabila Anda memiliki barang yang membawa kebahagiaan, ceritakan lewat kompetisi #happything. Happyzen yang beruntung dalam kompetisi akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah tiap bulannya.
  like this

Related Post

Leave a Reply