Ide Bisnis Online yang Menguntungkan

Ide Bisnis Online yang Menguntungkan

Terdapat banyak jalan untuk menghasilkan uang dari internet, baik itu dengan membuka toko online maupun mengembangkan ide kretif secara online. Kelebihannya, ketika berbisnis secara online Anda memiliki kesempatan untuk meraih pembeli maupun pelanggan dalam skala nasional maupun internasional. Tidak hanya itu, Anda bisa melakukannya dimanapun Anda inginkan, bahkan di rumah. Siapa yang tidak ingin bekerja di tempat yang paling nyaman serta menggapai banyak pelanggan dalam skala luas?

Kabar baiknya, dengan pengetahuan dasar mengenai pengelolaan website ditambah bakat komunikasi serta dibumbui dengan konsistensi, bisnis online dapat dijalankan oleh siapa saja termasuk Anda. Jika Anda siap untuk mengambil risiko menjadi seorang pengusaha online, berikut adalah ide bisnis yang dapat Anda jalankan:

 

1. Pengecer khusus

Sebuah toko online memungkinkan Anda menjangkau pelanggan di mana saja. Entah itu furnitur rumah boneka atau makanan anjing organik, ada pasar untuk semuanya. Anda cukup menggunakan layanan web hosting yang terintegrasi dengan keranjang belanja atau software e-commerce lainnya, Anda sudah dapat menjalankan bisnis Anda. Banyak vendor bahkan akan mengirimkan produk kepada pelanggan atas nama Anda (dropship) yang berarti Anda tidak perlu memiliki persediaan.

Anda bisa menggunakan beberapa platform berikut:

  • Shopify – mulai dari $14 per bulan, lebih mudah dan fitur lengkap
  • WebPraktis – mulai dari Rp 680ribu per tahun
  • Jarvis Store – gratis untuk 20 produk!
  • BBM – sudah banyak toko online yang bisa berjualan hanya dengan memanfaatkan aplikasi chatting ini
  • Instagram – karena merupakan social media berbasis gambar, bisa digunakan untuk berjualan online juga
  • WordPress + WooCommerce – sekitar $40 per tahun untuk domain & hosting
Baca juga :  Gaji Cepat Habis? Inilah Pengeluaran yang Menggerogoti Anggaran Bulanan Anda

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan marketplace ketika baru mulai berbisnis, manfaatkan marketplace untuk mendapatkan pembeli & penghasilan. Setelah beberapa saat, buat website sendiri dan ajak calon pembeli di marketplace untuk berkunjung ke website anda sendiri.

 

2. Konsultan media sosial

Perusahaan yang lebih besar dapat menyewa sebuah lembaga atau anggota staf penuh waktu untuk menjalankan akun Facebook dan Twitter mereka. Akan tetapi usaha kecil seringkali harus mengurus sendiri pemasaran media sosial mereka. Dengan begitu banyak tanggung jawab, pemilik usaha mungkin terlalu sibuk atau kewalahan untuk menghabiskan waktu membuat strategi media sosial. Sebagai konsultan, Anda dapat membantu mereka menentukan taktik terbaik, posting jadwal dan konten untuk target audiens mereka.

 

3. Menjual foto royalty-free

Banyak orang dan perusahaan yang membutuhkan foto untuk mengisi karya mereka namun sayangnya mereka tidak memiliki kamera maupun skill fotografi yang mumpuni.

Solusinya adalah membeli lisensi foto royalty-free. Foto royalty-free adalah foto yang bisa kita gunakan untuk keperluan apapun setelah satu kali membeli lisensinya. Foto-foto yang berkualitas dari fotografer profesional seperti ini banyak dibutuhkan oleh pemilik website dan pembuat konten seperti dalam contoh tadi. Karena itulah peluang usaha ini sangat menarik untuk anda yang hobi fotografi.

4. Professional freelancer

Anda mungkin tidak berpikir bahwa freelancer adalah sebuah bisnis. Akan tetapi, seiring dengan semakin banyak perusahaan beralih ke pekerja part time untuk mengisi kesenjangan keterampilan mereka, tidak sulit untuk membayangkan bahwa profesi sebagai freelancer bisa menyangga hidup Anda. Menurut website Freelancer.com, layanan teknologi, pembuatan konten, dan desain web adalah bidang paling populer untuk freelancer.

Anda

 

5. Afiliate marketing

Jika Anda adalah orang yang senang meninggalkan ulasan pelanggan di situs seperti Amazon, berhentilah melakukannya secara gratis. Word-of-mulut iklan masih menjadi lead generator yang efektif bagi banyak perusahaan. Dan banyak dari mereka yang bersedia untuk membagi sebagian keuntungannya pada individu persuasif yang bersedia mempromosikan produk mereka kepada publik.

Baca juga :  Wujudkan Impian Membeli Rumah Pertama Anda dengan Tips-tips berikut

 

6. Menjadi YouTuber

Tahukah Anda? Sebuah video yang dilihat di YouTube sebanyak 23.000 kali bisa mendapatkan penghasilan sebesar $395.

Salah seorang YouTuber tersukses dengan subscriber terbanyak, Piewdiepie, pada tahun 2013 mendapatkan penghasilan sebesar $4juta dalam setahun. Gila bukan?

Ada 2 jenis iklan di YouTube:

  • Yang mendapatkan komisi tiap klik
  • Yang mendapatkan komisi tiap kali tayang

Dari iklan ini, pihak YouTube mengambil 45% dan sisanya diberikan kepada pemilik video. Kalau anda bisa membuat video, ini bisa menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan yang luar biasa.

Beberapa jenis video populer di YouTube yang mudah dibuat biasanya berupa video lucu, video rekaman tutorial, atau rekaman tutorial di layar komputer. Permasalahan utama dari orang-orang yang mencoba mendapatkan penghasilan dari YouTube adalah hak cipta. Jadi sebaiknya jangan mengupload video-video yang bisa bermasalah. Misalnya karya orang lain, rekaman TV, musik, dan lain sebagainya.

 

 

7. Menjadi penulis artikel freelance

Tidak semua orang mampu membuat artikel berkualitas. Dengan melihat banyaknya orang yang membuat blog untuk mendapatkan penghasilan dari iklan, maka penulis artikel juga ikut kecipratan rejeki.

Penulis artikel tingkat atas yang menulis artikel-artikel untuk website besar dan portal berita. Mereka dibayar atas kualitasnya. Ingin uji coba kemampuan menulis artikel? Anda dapat mencoba mengikuti kompetisi menulis artikel thehappydept.com. Info selengkapnya klik disini.

 

8. Menjadi guru dengan membuka kursus online

Jangan khawatir, anda tidak perlu jadi guru sungguhan. Yang penting anda punya sesuatu untuk diajarkan.

Saat ini, baik di luar negeri maupun di Indonesia kursus online sangat populer. Ini karena prosesnya lebih mudah dan dengan kursus online anda bisa mendapat lebih banyak murid.

Baca juga :  Menciptakan Kebahagiaan di Tempat Kerja

Dalam kursus offline, biasanya si guru mengulang-ulang materinya setiap kali mengajar ke kelas baru. Tapi karena ini online, jadi kursusnya bisa direkam dan ditaruh di website.

Karena bentuknya kursus, maka panduan yang anda berikan dibagi menjadi beberapa sesi yang diberikan di hari-hari yang berbeda.

Gunakan platform berikut untuk mulai menjual kursus online:

 

Bagaimana? Anda siap menjadi pebisnis online?

Jangan lupa untuk download ebook untuk jadi lebih produktif menjalani bisnis Anda!

 

1 like

Related Post

Leave a Reply