Gaji Cepat Habis? Inilah Pengeluaran yang Menggerogoti Anggaran Bulanan Anda

Gaji Cepat Habis

Kejadian ini pasti sudah sering Anda alami:

Saat gaji sudah ditangan, Anda berniat ingin banyak menabung di bulan ini. Anda pun membuat daftar pengeluaran bulanan, termasuk belanja dapur, biaya makan di luar, uang transpor, bayar cicilan, hingga budget belanja fashion. Berdasarkan perencanaan Anda, total semua pengeluaran bulan ini tidak akan melebihi 70% dari gaji Anda.

Namun apa yang terjadi? Di pertengahan bulan anda masih saja kebingungan saat melihat sisa uang di rekening ternyata telah melampaui batas minimum yang Anda tentukan. Terkadang Anda tak habis pikir, kemana perginya uang yang ingin Anda tabung itu.

Inilah daftar pengeluaran yang tidak sempat Anda catat dalam daftar pengeluaran Anda:

1. Kado/ Pemberian

Kado dan pemberian bisa berupa barang maupun amplop berisi uang. Anda belum tentu dapat memastikan ada berapa undangan pernikahan yang harus anda hadiri bulan ini. Anda pun tentu tak dapat selalu mengingat kapan sahabat atau anggota keluarga anda berulang tahun. Tau tau hari ulang tahun mereka sudah dekat dan anda harus segera membeli kado ulang tahun untuk mereka. Jumlah uang yang anda keluarkan untuk keperluan tak terduga ini tentu tidak sedikit.

2. Budget Lapar Mata

Setiap kali anda jalan jalan ke Mal, pameran barang ataupun sekedar melihat lihat online shop di instagram, pasti ada kemungkinan anda menemukan barang yang tak kuasa ingin anda beli. Awalnya memang terlihat sepele dan tidak terlalu besar nominalnya (Misalnya buku, pernak-pernik, pajangan, dll), namun apabila anda terus menerus melakukannya, jangan heran apabila di akhir bulan anda mendapati gaji anda banyak terkuras.

Baca juga :  5 Cara Bahagia Hanya dengan Uang 10 Ribu Rupiah

3. Pulsa Darurat

Kita hidup di masa gadget adalah sahabat sejati untuk menemani setiap saat baik untuk menghubungi teman/keluarga maupun sekedar browsing informasi di internet. Rasanya sulit lepas dari gadget Anda. Apalagi bila ada banyak konten menarik untuk anda download. Bisa bisa paket internet bulanan anda habis hanya dalam waktu 1 minggu saja. Alhasil Anda harus merogoh kocek lagi untuk dapat menikmati internet.

4. Uang Traktir

Ada saatnya anda harus mentraktir sahabat anda yang tiba tiba datang dari Kota seberang. Ada pula kejadian dimana anda yang harus mentraktir pasangan nonton karena dia sedang tidak membawa dompet. Tak hanya itu, terkadang Anda harus mentraktir klien atau rekan kerja tanpa menggunakan bon yang dapat diganti kantor.

Memang ada banyak pengeluaran tak terduga yang seringkali terlepas dari pantauan Anda. Solusinya, Anda harus tetap memasukan daftar pengeluaran tak terduga ini dalam budget bulanan Anda agar anda tetap bisa mengira ngira biaya yang harus anda habiskan bulan ini. Nah biar semakin termotivasi untuk berhemat dan menabung, anda bisa mengikuti kuis untuk mengetahui apakah Anda akan menjadi kaya di masa depan. Ikuti kuis serunya dan menangkan hadiahnya.

  like this

Related Post

Leave a Reply