Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Kebahagiaan

Daftar Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Kebahagiaan

 

Apakah Anda merasa kurang bersemangat atau sedang sedikit sendu? Kalau Anda termasuk orang yang hobi makan, ini bisa menjadi kabar baik bagi Anda. Karena ternyata rasa sedih bisa diusir hanya dengan cara yang mudah yaitu makan.

Dengan mengonsumsi makanan tertentu, rasa bahagia pun dapat tercipta. Berikut daftar makanan dan minuman yang yang bisa membuat Anda merasa bahagia.
1. Makanan kaya probiotik
Probiotik adalah bakteri yang baik bagi usus. Jenis dan jumlah bakteri dalam saluran pencernaan diduga memengaruhi bagian otak yang memunculkan rasa bahagia dan mengurangi rasa sedih.

Sebuah studi di Belanda menunjukkan, sebanyak 20 responden yang diberi suplemen probiotik memiliki suasana hati yang baik. Studi ini juga pernah dilakukan di McMaster University,  Ontario, pada seekor tikus.

Penelitian menunjukkan, tikus yang agresif menjadi tenang ketika para ilmuwan mengubah mikroba usus mereka. Beberapa makanan yang kaya probiotik, yaitu yoghurt dan kimchi.

2. Buah-buahan dan sayuran
Selain menyehatkan, buah-buahan dan sayuran ternyata bisa membuat suasana hati lebih baik. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Health Psychology pada sekitar 300 orang dewasa, menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan dan sayuran membuat mereka lebih berenergi, lebih tenang, dan merasa bahagia.

Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Social Indicators Research, menemukan bahwa konsumsi sayuran serta buah dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan kesejahteraan mental.

3. Kopi
Kabar gembira bagi Anda pecinta kopi. Menyeruput secangkir kopi pada pagi hari dipercaya dapat meningkatkan mood atau suasana hati lebih baik dan lebih berenergi.

Baca juga :  Selamat untuk Chelsea Olivia! Inilah Tanda Wanita Sedang Hamil Muda

Sebuah studi yang pernah dipublikasikan di JAMA Internal Medicine mengungkapkan, wanita yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari, 15 persen lebih rendah akan mengalami depresi selama rentang 10 tahun dibanding yang tidak minum kopi.

Kopi adalah eliksir kesehatan yang paling ampuh. Hanya dalam 30 menit minuman ini akan bereaksi pada sistem saraf dan menghasilkan hormon yang membuat otak terjaga dan meningkatkan konsentrasi.

Kopi juga tak hanya memperbaiki mood melainkan juga melindungi jantung, mengurangi risiko kanker, dan Parkinson.

4. Cokelat hitam
Sebuah studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa makan sekitar 1,5 ons cokelat hitam setiap hari selama dua minggu dapat mengurangi tingkat hormon stres pada orang-orang yang sedang merasa tertekan.

Antioksidan dalam cokelat hitam dapat melonggarkan dinding pembuluh darah, sehingga mampu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi.

Cokelat hitam atau dark chocolate juga mengandung magnesium, mineral yang pernah dibuktikan mampu membantu meringankan gejala PMS pada wanita seperti kelelahan, depresi, dan mudah tersinggung. Konsumsi cokelat hitam dipercaya dapat memicu rasa euforia, seperti perasaan cinta.

5. Jamur
Makan jamur yang kaya antioksidan juga dipercaya dapat menurunkan risiko depresi, perasaan cemas, dan kelelahan. Selain itu, jamur juga merupakan sumber vitamin D. Untuk menyantapnya lebih nikmat, campur jamur dalam omelet, salad, maupun ditumis.

6. Teh Hijau
Teh hijau atau yang dikenal dengan green tea saat ini sedang marak dijadikan bahan makanan dan minuman.

Sebuah penelitian di Jepang yang melibatkan lebih dari 40.000 orang, menemukan bahwa orang yang minum lima cangkir atau lebih teh hijau per hari memiliki tingkat stres 20 persen lebih rendah daripada yang tidak.

Baca juga :  Camilan Sehat Saat Lagi Pengen yang Manis Manis

7. Sayuran hijau 

Sayuran hijau segar dan buah-buahan yang kaya akan zat besi memicu suasana hati jadi lebih baik dan membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan sirkulasi darah dan kelelahan.

8. Shakes

Semua jenis shake (minuman kocok, umumnya berisi buah segar yang dicampur yoghurt) membantu meningkatkan metabolisme dan setiap teguknya akan membuat Anda lebih berenergi dan gembira. Dikenal akan kandungan nutrisinya yang sangat tinggi, shake ampuh menghalau stres dan meningkatkan daya tahan tubuh memerangi radikal bebas.

9. Ikan 

Jangan remehkan ikan, makhluk yang hidup di air ini bisa membuat orang yang tengah dilanda depresi menjadi lebih baik suasana hatinya. Asupan lemak ikan dari salmon atau herring, sardin, dan tuna bisa memperbaiki mood dan menjadikan Anda lebih segar.

10. Es krim 

Siapa yang tidak suka es krim? Seporsi penutup mulut dengan rasa dingin nan manis ini selalu berhasil mengubah mood jadi lebih baik.

 

Nah, selamat mencoba makanan dan minuman yang dapat memicu kebahagiaan ini!

Daftar makanan ini menjadi salah satu dari jalan pintas menuju bahagia. Bila Anda ingin mengetahui jalan pintas menuju kebahagiaan lainnya, pastikan Anda mendownload ebook gratis dari The Happy Dept yang mengungkap 50 jalan pintas menuju bahagia.

  like this

Related Post

Leave a Reply