Ciptakan Tradisi Keluarga yang Efektif Membangun Karakter Anak

Ciptakan Tradisi Keluarga yang Efektif Membangun Karakter Anak

Happyzen yang juga seorang happy parent pasti menginginkan perkembangan karakter anak berlangsung secara positif dan efektif. Berbagai sarana pendidikan bisa Anda lakukan. Bukan hanya pendidikan formal, namun juga informal. Salah satu cara yang dapat Anda coba adalah dengan menerapkan tradisi keluarga. Cara ini dapat membantu pembentukan karakter anak sejak dini.
Dengan adanya kebiasaan atau tradisi keluarga, semua anggota keluarga dapat merasakan rasa saling memiliki dan pengakuan diri.
Tradisi keluarga sebaiknya di bentuk mulai dini, misal sebelum memiliki anak.
Berikut tradisi atau kebiasaan keluarga yang patut kita terapkan :

1. Berkumpul di Meja Makan untuk Menyantap Hidangan
Sebisa mungkin tiap hari/malam atau minimal 1 minggu sekali jika sama-sama sibuk.
Makan bersama bisa jadi moment tak terlupakan bagi setiap individu yang bertumbuh, sekaligus membentuk kebersamaan

2. Ajak Seluruh Anggota Keluarga Bermain Game
Melakukan permainan bersama bisa digunakan sebagai media pembelajaran anak menghadapi kompetisi. Carilah game yang bisa dilakukan seluruh anggota keluarga, misal monopoli, kartu dll.

3. Rutinitas Membersihkan Rumah
Membersihkan rumah merupakan moment yang bisa digunakan untuk pembelajaran anak bertanggung-jawab terhadap lingkungan. Di kegiatan ini juga bisa membentuk budaya saling membantu antar sesama anggota keluarga.

4. Beribadah bersama
Penting untuk mengenalkan kepercayaan atau agama yang kita yakini kepada anak sejak dalam kandungan. Dan selanjutnya secara bertahap, beribadah bisa dilakukan bersama seluruh anggota keluarga.

5. Tertawa bersama
Luangkan di waktu-waktu tertentu untuk bercanda bersama, menceritakan kelucuan anggota keluarga, atau menonton acara komedi bersama. Kegiatan ini akan membentuk sifat ceria dan kehangatan pada sang anak.

Baca juga :  Ingin Punya Momongan? Bersiaplah dengan Budget Besar Ini!

Demikan 5 tradisi atau kebiasaan keluarga yang bisa dilakukan bersama untuk membentuk karakter anak-anak. Selamat mencoba.

Jangan lupa untuk daftar menjadi bagian dari Happyzen untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang tak hanya inspiratif, tapi juga membuat hari Anda lebih bahagia.

Happyzen yang beruntung dalam kompetisi akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah tiap bulannya. Siapa tahu Anda dapat membelikan kado baru untuk Anak Anda. Jadi tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga, ya!

5 likes

Related Post

Leave a Reply