Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olah Raga

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olah Raga

Pengurangan berat badan terjadi saat badan membakar lebih banyak kalori dibandingkan mengkonsumsi kalori. Artinya, agar berat badan turun, anda harus membakar kalori atau mengkonsumsi lebih sedikt kalori. Membakar kalori lewat kegiatan olah raga memang sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan Namun cara ini tidak melulu efektif, mengingat ada berbagai kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan orang untuk berolah raga. Selain itu, keterbatasan waktu serta kurangnya minat berolahraga menjadi kendala besar bagi banyak orang.

Nah apabila Anda termasuk kategori orang orang yang “tidak mau” berolah raga, jangan khawatir karena masih ada cara untuk menurunkan berat badan. Banyak penelitian membuktikan bahwa diet memegang peranan penting dalam pengurangan berat badan dibandingkan dengan olah raga. Merubah pola makan dan cara diet akan membawa Anda pada penurunan berat bandan yang signifikan dan aman. (Namun tetap ingat ya, Olah Raga sangat diperlukan terutama untuk kesehatan jantung, otot, serta syaraf.)

1. Hitung asupan kalori yang Anda butuhkan tiap harinya dan pastikan Ada tidak mengkonsumsi kalori berlebihan. Perhitungan kalori yang tepat dapat anda dapatkan dari penghitungan kalori online. Ingat bahwa tiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, jadi pastikan Anda mendapat angka yang pas sesuai kebutuhan Anda. Jangan mengkonsumsi lebih dari 1200 tiap harinya. Jangan terlalu memaksakan karena bisa bisa anda mengalami kelaparan dan justru akan balas dendam dengan makan sebanyak banyaknya di minggu berikutnya

2. Catat Rencana Menu yang Anda konsumsi tiap hari nya mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, hingga snack. Pastikan menu Anda sudah dilengkapi dengan buah, sayuran, serta protein yang cukup.

Baca juga :  Stres? Lakukan 8 Hal ini Untuk Hidup Lebih Tenang

3. Seimbangkan Diet Anda dengan asupan gizi yang cukup. Pertama, sayur dan buah buahan yang bermanfaat memberikan vitamin, serat serta antioksidan. Kedua, asupan protein yang cukup dari produk ternak seperti telur dan susu sangat baik untuk memberikan rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi karbohidrat. Ketiga, pastikan Anda mengkonsumsi makanan whole grains seperti beras merah, gandum, serta whole wheat pasta yang dapat memberikan gizi bermanfaat dan menambah rasa kenyang Anda.

4. Camilan sehat lebih baik daripada camilan pada umumnya yang Anda beli di supermarket. Batasi jumlah camilan Anda dari 100 sampai 200 kalori tiap harinya. Konsumsi camilan yang mengenyangkan seperti 1/4 mangkuk kacang, greek yogurt, 1 buah telur rebus, serta seledri selai kacang.

5. Teknik memasak sehat sangat berperngaruh pada kualitas makanan Anda. Jangan merusak masakan Anda dengan terlalu banyak penggunaan minyak, mentega, saus berlemak atau bumbu bumbu yang justru akan memperlambat penurunan berat badan. Pilihlah metode memasak dengan cara merebus, memanggang, dan membakar. Apabila terpaksa harus menggoreng, ganti minyak Anda dengan minyak zaitun atau minyak canola.

6. Banyak minum air putih atau setidaknya 8 gelas per hari penting untuk selalu Anda ingat. Rasa haus terkadang berkamuflase menjadi rasa lapar sehingga anda harus banyak minum agar terhindar dari rasa lapar yang tidak perlu.

7. Buang jauh jauh alkohol dan minuman bergula. Dua jenis minuman ini menagndung kalori berlebih yang dapat menghalangi penurunan berat batan Anda. Ganti kebiasaan Anda dengan meminum teh tawar, kopi tanpa krim maupun gula, dan flavored-water yang berlabel sugar-free.

8. Istirahat Cukup menjadi salah satu kunci utama dalam program penurunan badan. 7 hingga 9 jam adalah waktu tidur yang ideal. Kurang tidur menyebabkan kenaikan berat badan bagi banyak orang.

Baca juga :  Seberapa Besar Resiko Anda Terkena Penyakit Diabetes?

9. Perbanyak Aktivitas fisik sehari hari tanpa harus berolah raga. Mulai dengan hal simpel seperti memilih menggunakan tangga daripada eskalator atau lift. Parkir kendaraan anda lebih jauh dari seharusnya sehingga anda menghabiskan waktu berjalan lebih banyak. Ikuti kegiatan kegiatan yang mengharuskan Anda banyak bergerak seperti camping bersama teman, berwisata ke lokasi lokasi yang mengharuskan Anda banyak berjalan, dan lain sebagainya. Bahkan anda bisa mencoba kelas d ansa. Mudah bukan?

10. Catat perubahan berat badan setiap hari. Pastikan anda mengukur berat badan di waktu yang sama setiap harinya dengan tidak memakai pakaian yang berat. Amatilah perubahan berat badan yang terjadi. Apabila bertambah berarti ada yang salah dengan asupan makanan yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Penurunan berat badan yang aman adalah sekitar setengah hingga 1 kilo gram tiap minggu. Anda harus bersabar dan tidak buru buru ingin menurunkan lebih banyak berat badan karena penurunan berat badan yang teratur dan normal dapat memastikan diet Anda memiliki hasil yang berkelanjutan.

11. Temukan orang orang yang mendukung anda dalam menjalani program diet. Biasanya seseorang akan lebih termotivasi untuk menurunkan berat badan apabila dia melakukannya bersama sama dengan kelompok. Ajaklah teman atau saudara Anda untuk bersama sama menargetkan penurunan berat badan. Bila tidak, temukanlah komunitas komunitas yang memang berkomitmen untuk berdiet.

12. Berikan hadiah untuk diri Anda sendiri saat target berat badan ideal Anda telah tercapai. Ini dapat membuat Anda lebih bersemangat untuk menurunkan berat badan. Hadiah untuk diri sendiri bisa berupa sepatu, dress cantik, perawatan tubuh, atau liburan. Ingat untuk tidak menjanjikan hadiah berupa makanan.

2 likes

Related Post

One thought on “Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olah Raga

Leave a Reply