Berkunjung ke Keluarga Pacar untuk Pertama Kalinya? Inilah Delapan Cara Mengatasi Malu dan Canggung di Depan Keluarga Pasangan!

cara mengatasi malu saat bertemu keluarga pasangan -www.thehappydept.com

Anda yang sering panik mungkin bingung bagaimana cara mengatasi malu dan canggung saat bertemu dengan keluarga pasangan. Apalagi bila itu terjadi pertama kalinya. Sensasinya pasti berbeda. Entah itu rasa takut, ragu, malu, atau justru deg-degan. Tidak terkecuali, soal hubunganmu dengan si dia. Tentu saja, untuk meningkatkan kualitas hubungan, ada kalanya dia meminta Anda datang dan bertemu orang tuanya. Bukan masalah besar, memang. Sebab akan ada saatnya, Anda melakukan hal yang sama. Lantas, bagaimana bila Anda belum siap? Bagaimana jika Anda masih merasa malu dan canggung, terutama untuk menciptakan kesan pertama yang positif di depan keluarga pasangan? Berikut adalah delapan cara mengatasi malu dan canggung di depan keluarga pasangan.

1. Ketahui Apa Hal yang Disukai Maupun Tidak Disukai oleh Keluarga Pasangan

Nah, sebagai cara untuk terjun ke “medan perang”, ada baiknya terlebih dulu “mempelajari medan”. Sempatkan waktu untuk bertanya apa yang disukai maupun tidak disukai oleh keluarga pasangan; lalu lakukan maupun hindari hal tersebut. Misalnya, ayah si pacar tidak menyukai laki-laki yang berantakan. Ada baiknya bagi Anda untuk menciptakan kesan “rapi” sebaik mungkin. Tidak harus berlebihan; cukup penampilan yang “sedap” dipandang saja, kok.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Jika memungkinkan, disarankan untuk menyesuaikan waktu kunjungan Anda dengan keluarga si pacar. Hindari datang mendadak. Pasalnya, alih-alih mengobrol dan menciptakan kesan positif; Anda justru tidak dapat bertemu dengan sang ayah/ibu pasangan, lantaran mereka sudah pergi/belum pulang.
Bagaimanapun, disarankan untuk mencari waktu yang tepat dan kondusif. Sehingga pembicaraan akan berlangsung efektif dan tidak terburu-buru.

Baca juga :  Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olah Raga

3. Peduli Penampilan

Bagaimanapun, setiap orang pasti menyukai penampilan yang rapi dan enak dipandang. Itu sebabnya, pastikan penampilan Anda baik dan maksimal. Bukan hanya untuk meningkatkan rasa percaya diri, melainkan juga untuk menambah citra positif Anda di depan keluarga pasangan.

4. Tenangkan Diri

Meski sulit, cobalah untuk menenangkan diri sebelum bertemu dengan keluarga si pacar. Anda bisa menarik napas dalam-dalam lalu mengembuskannya perlahan untuk membuat tubuh merasa santai. Jika perlu, Anda bisa berlatih terlebih dulu—sehingga rasa canggung, cemas, dan malu pun berkurang.

5. Membawa Buah Tangan

Jangan salah kaprah, ini bukan siasat menyogok, lho. Sebaliknya, Anda tentu bisa belajar dari sifat alami manusia, yang sudah tentu senang jika diberi oleh-oleh. Tidak perlu mahal dan merepotkan, buah tangan ini bisa berupa makanan ringan yang Anda beli di tengah perjalanan, atau justru hadiah kecil yang sengaja Anda siapkan dengan penuh pertimbangan.

6. Jadilah Teman Bicara yang Menyenangkan

Jika Anda bukanlah orang yang “gemar berbicara”, hal ini tentu jadi masalah besar. Nah, sebagai cara mengatasinya, Anda bisa memulainya dengan membuat daftar pertanyaan atau percakapan kecil sebagai pembukanya. Tujuannya, tidak lain untuk “mencairkan suasana”, sebelum jadi benar-benar kaku.
Sesekali, selipkan pujian kepada siapa pun lawan bicara Anda. Tidak perlu muluk, Anda bisa memuji kelezatan masakan ibu si pacar; kebersihan mobil ayah si pacar; atau justru dekorasi ruangan. Di sisi lain, Anda pun juga dapat menciptakan kesan bahwa Anda memiliki pengetahuan yang besar, lho.

7. Tawarkan Bantuan

Saat melihat ibu atau justru ayahnya mengalami kesulitan, maka di situlah Anda bisa tampil dan menciptakan kesan positif. Jangan ragu menawarkan bantuan. Meski tawaran Anda bisa saja ditolak, setidaknya Anda sudah menunjukkan keinginan untuk membantu, bukan?

Baca juga :  Tips Mendapatkan Tubuh Seperti Agnes Monica

8. Jadilah Diri Sendiri sebagai Cara Mengatasi Malu Paling Ampuh

Jangan pernah berpura-pura menjadi orang lain. Bukan hanya membuat Anda tidak nyaman, melainkan juga akan mengantarkan Anda pada kebohongan-kebohongan lain—terutama ketika menindaklanjuti keberlangsungan hubungan Anda dengan orang tua si pasangan.
Itulah delapan cara mengatasi malu dan canggung di depan keluarga pasangan. Adapun sebelum berkunjung, ada baiknya untuk menumbuhkan rasa percaya diri Anda terlebih dulu. Selamat berperang!

  like this

Related Post

Leave a Reply