Cara Jadi Ibu Rumah Tangga yang Hemat

Ibu Rumah Tangga Hemat

Seorang ibu rumah tangga merupakan ‘manajer’ dalam keluarga terutama dalam urusan mengatur berbagai kebutuhan keluarga. Peran ibu rumah tangga tidak dapat dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, hargai lah kesulitan ibumu di rumah dalam mengurus maupun mengatur kebutuhan keluarga, ya.

Entah disadari atau tidak, pengeluaran untuk rumah tangga banyak dipengaruhi oleh gaya hidup sang ibu rumah tangga. Bagaimana cara ibu rumah tangga dalam berbelanja kebutuhan keluarga akan sangat memengaruhi kondisi finansial keluarga.

Ibu rumah tangga perlu untuk sedikit lebih kreatif dalam mengatur belanja agar tidak terjadi pemborosan. Bahkan, ibu rumah tangga bisa membantu dalam melakukan penghematan keluarga sehingga tabungan keluarga bisa semakin cepat berisi.

Nah, berikut ini tips belanja hemat bagi ibu rumah tangga yang bisa Anda bagikan kepada ibu Anda atau Anda terapkan sendiri:

 

  1. Pastikan dulu tujuan belanja rumah tangga

 

Hal ini penting untuk dilakukan agar nantinya barang-barang yang dibeli tidak melenceng dari tujuan untuk belanja. Misalnya kalau tujuan belanja hanya untuk kebutuhan dapur selama seminggu, jangan sampai memasukkan kebutuhan lain seperti sabun mandi atau obat nyamuk dalam daftar belanja.

“Menetapkan tujuan belanja merupakan dasar dari hidup bebas pemborosan.”

 

  1. Catat dengan detil seluruh kebutuhan belanja

 

Setelah mengetahui tujuan dari belanja, sang ibu rumah tangga perlu mencatat dengan detail apa saja yang perlu ia beli. Ini berguna agar nantinya barang yang dibeli tidak melenceng dari tujuan belanja semula dan juga menahan godaan untuk membeli barang di luar daftar kebutuhan belanja.

Baca juga :  Inilah Tanda Istri Cerdas Mengatur Finansial Keluarga

“Mencatat dengan detail barang yang dibelanjakan juga membantu dalam memperkirakan besar biaya yang diperlukan untuk belanja”

 

  1. Jangan bawa uang terlalu banyak

 

Dengan mengetahui perkiraan biaya, sang ibu dapat membawa uang secukupnya saja agar tidak tergoda untuk belanja lebih dari yang diperlukan. Namun, jangan membawa uang pas terlalu pas. Bisa saja produk yang ingin dibeli stoknya habis sehingga terpaksa membeli produk alternatif yang harganya lebih mahal. Atau, bisa saja harga produk tersebut sudah naik.

“Sebaiknya ibu rumah tangga membawa tambahan uang belanja sekitar 10% dari perkiraan jumlah belanja untuk antisipasi hal tersebut.”

 

  1. Jangan malas untuk membandingkan harga barang

 

Sebagai ibu rumah tangga yang cermat, perhatikanlah harga produk yang sama di tempat biasa berbelanja dan tempat lain. Apakah harga-harga barang di tempat biasa berbelanja ternyata cenderung lebih mahal atau murah dibandingkan tempat lain?

“Meski pun lebih murah, perhatikan apakah kualitas bahan makanan atau produk lain juga sesuai ekspektasi atau tidak. Jangan korbankan kualitas dengan harga yang lebih murah sedikit.”

 

  1. Beli dalam jumlah banyak

 

Pasar, toko, atau supermarket biasanya memberikan harga yang lebih murah jika belanja produk yang sama dalam jumlah yang sama. Jika sang ibu pandai mengatur jumlah pemakaian barang dan bahan makanan rumah tangga, membeli dalam jumlah yang banyak lebih disarankan untuk menghemat pengeluaran.

“Kalau ada diskon, dan harga produk tersebut memang menjadi jauh lebih murah dari harga sewajarnya, membeli dalam jumlah banyak juga dapat dilakukan dalam jumlah yang wajar.”

 

  1. Selalu mencatat pengeluaran yang sudah dilakukan dalam buku kas rumah tangga

 

Setelah selesai belanja, jangan lupa untuk segera mencatat seluruh pengeluaran aktual yang telah dilakukan untuk belanja di buku kas rumah tangga. Dengan begini, sang ibu jadi tahu perkiraan biaya belanja berikutnya sekaligus mencari celah untuk melakukan penghematan.

Baca juga :  9 Tips dan Trik Agar Kantong Anda Lebih Bahagia

“Buku kas bisa berbentuk buku tulis sungguhan, aplikasi pemrosesan data di komputer seperti Excel, ataupun aplikasi smartphone pencatat pengeluaran.”

 

  1. Sering up-to-date dengan promo

 

Nah, mungkin ini tips yang paling ditunggu. Semua orang tentu suka dengan promo karena bisa dimanfaatkan untuk berhemat. Tentunya asalkan promo tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya esensial, seperti kebutuhan rumah tangga.

Banyak toko atau supermarket yang menawarkan promo seperti voucher, diskon, atau cash back jika pembelinya memiliki kartu kredit.

 

Nah, demikian 7 tips hemat yang berguna bagi ibu Anda atau mungkin Anda sendiri sebagai ibu rumah tangga. Jika seorang ayah adalah ujung tombak dalam mencari pemasukan, maka seorang ibu rumah tangga merupakan ujung tombak  dalam menghemat pengeluaran.

Jangan lupa untuk daftar menjadi bagian dari Happyzen untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang tak hanya inspiratif, tapi juga membuat hari Anda lebih bahagia.
Apabila Anda memiliki barang yang membawa kebahagiaan, ceritakan lewat kompetisi #happything. Happyzen yang beruntung dalam kompetisi akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah tiap bulannya.
sumber: HaloMoney
  like this

Related Post

Leave a Reply