10 Langkah Memulai Hari Bebas Stres

bebas stres - www.thehappydept.com

Stress bisa terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Namun stress juga bisa ditangani dengan cara yang tidak terlalu sulit lho. Dengan penanganan yang tepat, setiap orang pun bisa mengalami hari bebas stres.
Kalau ingin memulai hari dengan bebas stres, coba deh ikuti 10 tips berikut ini:

1.    Buat jadwal kegiatan sederhana

Untuk bisa memulai hari bebas stres, Anda harus siap dengan segala kegiatan yang akan dihadapi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menuliskan jadwal kegiatan. Buat jadwal kegiatan dalam bentuk sederhana dan tidak perlu terlalu kaku. Dengan jadwal tersebut, setidaknya urusan Anda bisa lebih terencana dan Anda pun akan lebih siap menghadapi hari tersebut.

2.    Rencanakan aktivitas esok hari

Siapkan waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit di petang hari untuk mempersiapkan esok hari. lakukan mulai dari memilih pakaian yang akan dikenakan esok, hingga menghubungi kolega dan rekan bisnis untuk persiapan rapat esok hari. semakin matang persiapan Anda, semakin sedikit stres yang akan Anda hadapi esok hari.

3.    Nikmati Hal-Hal Kecil

Anda akan bisa memperoleh hari bebas stres kalau bisa menikmati hal-hal kecil, seperti mendengarkan lagu favorit, menikmati sarapan kesukaan, atau membawakan kudapan ringan untuk teman-teman di kantor. Beragam hal-hal kecil di tengah kesibukan bakal membuat Anda sedikit lebih rileks.

4.    Banyak-banyak berolahraga

Olahraga juga bisa membuat Anda terbebas dari stres. Olahraga yang dilakukan juga tidak perlu terlalu berat. Berjalan kaki sekitar 10 atau 15 menit di sekitar tempat kerja sudah lebih dari cukup.

Baca juga :  Pekerjaan Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga

5.    Sering-seringlah tertawa

Percayalah, banyak tertawa bisa menghilangkan stres. Pada saat tertawa, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa senang serta bermanfaat untuk peningkatan kekebalan tubuh.

6.    Nikmati keindahan alam dan hasil karya seni

Menyaksikan hasil karya seni serta keindahan pemandangan alam juga memberikan dampak positif untuk menghilangkan stres. Aktivitas seperti ini akan membantu memberikan efek menenangkan pikiran.

7.    Tarik napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam juga mempunyai dampak positif untuk memperoleh hari bebas stres. Tidak butuh waktu lama. Cukup sediakan waktu 5 menit untuk bernapas dalam dan perlahan. Dengan melakukan hal ini, Anda akan bisa menurunkan tekanan darah serta detak jantung.

8.    Bebas stres dengan meditasi rutin

Meditasi secara rutin juga bisa membuat hari Anda bebas stres. Tidak perlu meditasi seperti yang dilakukan oleh para Anda Bisa melakukannya sambil berendam air hangat atau mendengarkan musik.

9.    Buat catatan keberhasilan

Menuliskan setiap kesuksesan yang pernah Anda capai juga bisa menurunkan tingkat stres. Catatan keberhasilan ini juga bisa diisi dengan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Atau bisa pula menuliskan keberhasilan yang terlihat sepele namun membuat Anda senang.

10.    Tidur yang nyenyak

Terakhir, tidurlah dengan nyenyak. Anda masih harus menghadapi hari esok yang penuh dengan berbagai aktivitas.
Tidak sulit bukan untuk bisa mempraktikkan 10 langkah memulai hari bebas stress di atas? Selama mencoba ya!

  like this

Related Post

Leave a Reply