Banyak Bersedih dalam hidup? Tingkatkan Hormon Bahagia dengan 10 Cara Alami

Meningkatkan Hormon Bahagia dengan 10 Cara Alami

Hormon bahagia tak lain adalah sapaan bagi hormon endorphin yang berperan penting dalam menjaga suasana hati Anda. Tanpa endorphin, seseorang akan seringkali merasakan rasa gelisah, cemas dan depresi mengitari dirinya.

Meningkatkan hormon bahagia yang satu ini dapat membantu menghilangkan rasa gundah gelisah karena berbagai permasalahan yang menimpa. Endorohin membantu Anda mengendalikan mood ketika menghadapi permasalahan hidup yang berat. Inilah 11 cara alami untuk meningkatkan hormon endorphin.

1. Olahraga bersama bisa menumbuhkan kembali rasa bahagia

Selain menyehatkan tubuh, olah raga juga terbukti dapat menstimulasi tubuh untuk menghasilkan endorphin. Produksi hormon bahagia ini akan semakin efektif saat Anda melakukan kegiatan olah raga bersama orang lain seperti sahabat, saudara, dan orang lain di sekitar anda. Sambil berolah raga Anda dapat mengobrol dan berdiskusi sehingga semangat Anda pun makin tubuh.

2. Konsumsi cokelat saat hati terasa penat.

Cokelat menyimpan kandungan polifenol yang berguna sebagai antioksidan. Senyawa alami ini dapat memproduksi hormon endorfin, mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, dan mengontrol kolesterol serat pembuluh darah dalam tubuh. Setelah mengkonsumsi cokelat perasaan cemas dan gelisah yang ada dalam diri seseorang bisa dikendalikan secara efektif.

3. Rasa pedas yang nagih ternyata membuat perasaan kita senang

Makanan pedas juga bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan hormon bahagia. Jenis makanan yang mengandung cabe di dalamnya dapat mengikat protein dan reseptor rasa sakit dalam sel-sel saraf selaput lendir hidung. Pada akhirnya rasa pedas ini akan merangsang otak untuk mengeluarkan hormon endorphin dengan jumlah lebih banyak. Alhasil, timbulah rasa senang dan bahagia yang membuat Anda lupa dengan rasa cemas

Baca juga :  5 Ide Menu Berbuka yang Lain dari Biasanya

4. Perasaan menjadi lebih tenang dan menyenangkan dengan konsumsi ginseng

Kandungan ginseng memang dikenal untuk menghasilkan hormon bahagia dalam tubuh. Konsumsi gingseng bisa menjadi langkah alami bagi Anda untuk menghilangkan perasaan cemas, stres dan lelah.

5. Aroma Lavender dan Vanili dapat meningkatkan mood

Bau lavender dan vanili memang dikenal sebagai aromaterapi yang mujarab mengurangi depresi dan rasa lelah. Tak hanya itu aroma ini juga menstimulasi otak untuk memproduksi hormon endorphin.

6. Tersenyum lebih banyak, tertawa lebih banyak

Manfaat tertawa dan tersenyum memang sudah terbukti dapat membuat kita bahagia. Bahkan disaat sedih, mencoba tersenyum hingga otot sekitar mata ikut tertarik dapat membuat perasaan menjadi lebih baik. Agar lebih banyak tersenyum dan tertawa, temukanlah lebih banyak alasan untuk melakukannya. Misalnya dengan bertukar humor dengan teman teman, menonton film komedi, serta menyaksikan adegan lucu lainnya. Otomatis hormon bahagia akan muncul untuk mengusir rasa resah dan gelisah dalam benak pikiran.

7. Mendengarkan musik yang memberi semangat dapat menyegarkan pikiran

Otak akan mengalirkan lebih banyak endorphin saat Anda aktif menciptakan musik. Apabila Anda bukanlah musisi terlatih, Anda masih bisa berpartisipasi dalam musik dengan bersenandung, bernari, atau sekedar menggerakan tubuh mengikuti alunan musik favorit Anda. Tak heran karaoke menjadi salah satu hiburan penghilang stress yang banyak disukai orang.

8. Akupuntur mengirimkan pesan ke otak untuk produksi hormon bahagia

Tak semua orang berani merasakan tubuhnya tertusuk tusuk oleh jarum akupuntur. Namun penelitian menunjukan bahwa rasa sakit dari jarum akupuntur ini mengirimkan stimulasi ke otak dimana otak langsung otomatis melepaskan hormon endorphin untuk menyembuhkan rasa sakit dan membuat Anda merasa lebih baik.

Baca juga :  Teruntuk Ibu Rumah Tangga dan Mereka yang Berencana Menjadi Salah Satunya

9. Bergosip memang menyenangkan hati

Jangan salah, bergosip tak harus selalu membicarakan kejelekan orang lain. Bergosip bisa dilakukan dengan membicarakan update kabar terbaru dari orang orang disekitar. Penelitian membuktikan bahwa kita sebagai manusia adalah makluk sosial yang menjadikan aktivitas bergosip sebagai kebutuhan untuk selalu terhubung dengan orang orang lainnya. Sebagai hasil, bergosip meningkatkan kondisi pikiran kita karena pusat kesenangan di otak mendapat stimulasi.

10. Aktivitas yang menguji nyali anda mampu meningkatkan hormon bahagia secara signifikan

Kegiatan yang menguji nyali seperti skydiving, bungee jumping, dan roller coaster memang dikenal untuk menghasilkan hormon adrenalin. Namun bagi banyak orang, kegiatan ini juga dapat menghasilkan endorphin. Perasaan excited, semangat, dan rasa puas saat melakukan aktivitas aktivitas ini dapat meningkatkan rasa bahagia.

  like this

Related Post

Leave a Reply