9 Tips dan Trik Agar Kantong Anda Lebih Bahagia

9 Tips dan Trik Agar Kantong Anda Lebih Bahagia

Mengatur pengeluaran memang tidak mudah. Tapi, dengan trik yang mudah dan tepat, Anda dapat menjaga kantong agar tidak cepat bolong. Coba terapkan 9 Tips dan Trik berhemat ini agar kantong Anda lebih bahagia.

1. Gunakan Uang Tunai

Kegunaan uang elektronik untuk kebutuhan sehari-sehari memang lebih praktis, namun kepraktisan itu akan membuat Anda malas untuk mengontrol jumlah uang yang tersisa di rekening Anda. Pada akhirnya Anda tidak sadar telah kehabisan uang di akhir bulan. Anda pun harus mengkikis tabungan Anda yang seharusnya bertambah, bukan berkurang.

Untuk menghindar dari kejadian seperti ini, gunakan uang tunai untuk membayar kebutuhan sehari-hari seperti makan di luar, bahan bakar kendaraan, belanja bulanan, di luar biaya tagihan bulanan. Kegunaan uang tunai dapat membantu membatasi penggunaan uang berlebih loh Happyzen. Anda dapat mengatur pengeluaran Anda setiap hari dengan hanya menarik sejumlah uang yang sudah ditentukan per-hari.

2. Tabungan Mingguan

Menabung secara mingguan sepertinya memang terdengar aneh. Hanya dengan cara menyisihkan uang sebesar Rp. 100 ribu setiap minggunya, Anda akan berhasil mengumpulkan Rp. 400 ribu per-bulan sehingga Anda akan mengantongi uang sebesar 4.800.000 dalam kurun waktu satu tahun. Dari hal yang tidak biasa ini, Anda akan mendapatkan uang tambahan untuk pengeluaran yang tidak terduga.

3. Weekend di Rumah

Tidak ada salahnya Anda menghabiskan akhir pekan di rumah. Menghabiskan waktu untuk memasak, membersihkan rumah, dan bercengkrama dengan keluarga dapat menghemat pengeluaran Anda dan pastinya akan menambah kualitas hubungan Anda dengan keluarga.

4. Hindari Katalog Produk

Iklan dalam berbagai macam bentuk dari toko kesayangan Anda akan membuat Anda ingin menggelitik isi kantong Anda. Hentikan berlangganan katalog dalam bentuk email, sms, ataupun brosur cetak untuk menghindarkan Anda dari buaian membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan.

Baca juga :  4 Cara Agar Lebih Rileks di Tempat Kerja

5. Aturan 30 Hari

Jika Anda sedang sangat ingin membeli sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan, tahan keinginan itu hingga 30 hari kedepan. Buat agenda di kalender Anda untuk membelinya setelah 30 hari terlewati. Setelah 30 hari, keinginan menggebu ini akan mereda dengan sendirinya dan Anda dapat berpikir dengan tenang mengenai keinginan Anda yang satu ini.

6. Memasak di Rumah

Langkah satu ini memang terdengar tidak mudah, apalagi bagi Anda yang kurang lihai memasak. Tapi memasak tidak harus memasak sesuatu yang sulit. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan sehat nan murah yang mudah ditemukan di pasar seperti telur orak arik, nasi goreng, atau sayur bening untuk menyenangkan perut dan dompet Anda.

7. Olahraga!

Menjaga kesehatan tubuh dapat membantu Anda untuk menghindari biaya Dokter. Tidak dapat disangkal bahwa biaya kesehatan adalah salah satu pengeluaran yang besar dalam keseharian sseseorang. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari berbagai macam penyakit hingga pada akhirnya Anda akan lebih berhemat untuk tidak membeli obat-obatan karena sakit.

8. Sistem Amplop

Trik ini sedikit sama dengan menggunakan uang tunai. Bedanya, Anda dapat mengatur kategori pengeluaran dengan cara membedakan menaruh uang Anda dalam 3 amplop yang berbeda – tabungan, biaya bulanan, biaya lainnya – sehingga Anda dapat mengamankan tabungan Anda dari biaya yang tak terduga.

9. Temukan kebahagiaan dari lingkungan Anda

Banyak orang yang tanpa disadari beranggapan bahwa membeli sesuatu akan membuat hidup lebih bahagia. Mereka HARUS membeli sepatu, baju, dan tas designer terbaru, atau bahkan kendaraan mewah demi mendapatkan kebahagiaan. Hal-hal demikian memang akan membuat Anda bahagia untuk beberapa saat, dan Anda akan membeli hal yang sama ketika kebahagiaan Anda pudar. Memang tidak akan ada habisnya jika Anda terus menuruti kemauan berbelanja Anda. Daripada mengeluarkan uang untuk memuaskan hasrat berbelanja, lebih baik luangkan waktu untuk mensyukuri apa yang Anda miliki. Temukan kebahagiaan Anda dari lingkungan keluarga Anda. Lakukan kegiatan yang Anda sukai bersama orang yang Anda sayangi, dan mulailah menghargai apa yang Anda miliki.

Baca juga :  Gaji Cepat Habis? Inilah Pengeluaran yang Menggerogoti Anggaran Bulanan Anda

Untuk lebih banyak tips agar Anda bisa lebih bahagia jangan sampai terlewatkan untuk mendownload ebook dari thehappydept yang berjudul 50 Ways too Hack Happiness. Ebook ini berisi 50 jalan pintas menuju bahagia yang dapat membuat hari-hari Anda lebih bermakna.

Keep being Happy!

Sumber: zenhabbits.com

1 like

Related Post

Leave a Reply