7 Syarat Hidup Bahagia Tanpa Mengandalkan Uang

Setiap orang tentu menginginkan kebahagiaan di dalam hidup. Banyak pihak yang berpendapat jika hidup bahagia itu bisa didapatkan jika kita memiliki banyak uang, Nyatanya, tidak sedikit orang yang bergelimang harta namun hidupnya tidak bahagia. Lalu bagaimana cara mendapatkan kebahagiaan dalam hidup? Berikut 7 syarat hidup bahagia tanpa mengandalkan uang:

1.    Bersyukur terhadap Semua Hal yang Anda Miliki

Saat Anda membuka mata, bersyukurlah bahwa Anda masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk membuka mata dan menghirup udara secara gratis. Ingatlah bahwa di luar sana banyak orang yang tergolek di ranjang rumah sakit yang tiap denyut nafasnya harus dibayar dengan uang dan kesakitan. Saat Anda berkaca dan melihat bahwa Anda dilahirkan dengan tubuh yang sempurna tanpa kekurangan, bersyukurlah karena di luar sana banyak orang yang dilahirkan dengan kecacatan. Banyak hal yang sejatinya bisa disyukuri jika kita bisa melihat lebih dekat semua anugerah Tuhan yang telah diberikan-Nya untuk kita.

2.    Nikmati Kebersamaan bersama Keluarga

Kebersamaan bersama keluarga merupakan salah satu hal yang harus Anda nikmati dan syukuri. Di luar sana banyak orang yang tidak memiliki keluarga, hidup sebatang kara, atau harus terpisah dengan keluarga dengan alasan dan kondisi tertentu. Nikmatilah kebersamaan bersama orang-orang terdekat dan rasakan kebahagiaan yang merasuk ke segenap hati Anda.

3.    Melihat Orang lain yang Kondisinya Tidak Sebaik Anda

Saat merasa hidup Anda tidak sebahagia dan seberuntung orang lain, cobalah untuk melihat kondisi orang lain yang berada di bawah Anda. Dengan melihat kondisi orang lain yang tidak seberuntung Anda, maka akan lebih mudah untuk bersyukur dan berbahagia.

Baca juga :  Rehabilitasi Hati

4.    Berbagi

Berbagi kebahagiaan dengan menyumbang kepada anak yatim atau lansia di panti jompo dapat membantu meningkatkan kebahagiaan dalam hidup. Saat Anda mengulurkan bantuan dan melihat wajah-wajah semringah dari para anak yatim yang polos atau wajah penuh syukur dari para lansia yang renta, maka Anda akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa.

5.    Jaga Kesehatan

“Kesehatan bukan segalanya tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti apa-apa”. Pepatah tersebut memang benar adanya, tanpa kesehatan kita tidak dapat menikmati hidup dan merasakan kebahagiaan, oleh karena itu jaga kesehatan Anda dan hiduplah dengan bahagia.

6.    Berolahraga

Berolahraga dapat meningkatkan kesehatan jiwa dan raga. Saat Anda berolahraga, maka peredaran darah ke otak, jantung, hati, dan semua organ di dalam tubuh akan meningkat. Sirkulasi darah yang lancar ini dapat meningkatkan kebugaran tubuh, sehingga vitalitas Anda meningkat dan dapat melakukan aktivitas dengan lebih semangat dan bahagia.

7. Percaya Bahwa Semua akan Baik-baik Saja

Banyak orang yang mengalami penderitaan dikala uang yang cukup tidak ada di tangan mereka. Namun jangan khawatir karena uang bisa dicari dan pasti selalu ada jalan keluar. Berpeganglah teguh pada kepercayaan bahwa masih ada hari esok dan pasti akan ada titik terang dari setiap masalah yang Anda hadapi. Dengan demikian, Anda akan menjalani hari-hari dengan lebih “enteng” dan tanpa beban berarti.
Hidup bahagia sejatinya tidak terletak pada seberapa banyak harta Anda, hidup bahagia sejatinya terletak pada hati dan pikiran Anda. Selamat berbahagia.

  like this

Related Post

Leave a Reply