7 Penyakit Kanker yang Muncul Karena Kebiasaan Buruk

penyakir cancer

Salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti saat ini adalah penyakit kanker. Penyakit kanker merupakan penyebab kematian terbesar selain penyakit jantung dan diabetes. Meskipun telah diketahui beberapa penyebabnya, penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Karena nyatanya, faktor pemicu kanker bisa berasal dari gaya hidup atau kebiasaan buruk yang sering kita lakukan.

1.    Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru merupakan kanker penyebab kematian nomor satu di dunia. Penyakit ini telah menyebabkan kematian sekitar 1.5 juta orang per tahun. Walaupun bisa menyerang siapa saja, Kanker jenis ini paling sering menyerang kaum laki-laki, khususnya para perokok aktif.

2.    Kanker Hati

Kanker hati adalah kanker kedua setelah kanker paru-paru yang paling tinggi menyebabkan kematian di seluruh dunia. Selain karena kerusakan jaringan sel-sel hati, seperti penyakit sirosis yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B dan C, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Salah satunya adalah mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih.

3.    Kanker Serviks

Kanker serviks atau kanker mulut rahim adalah  jenis kanker yang paling mematikan dan berbahaya bagi wanita di seluruh dunia. Salah satu pemicu kanker serviks yang saat ini disinyalir menjadi penyebab utama dari berkembangnya penyakit ini adalah pemakaian pembalut yang tidak tepat.

Hal ini dikarenakan oleh kualitas kebersihan dan juga bahan baku pembuatan pembalut yang justru bisa menjadi sarang berkembangnya bakteri. Jika organ reproduksi terus dibiarkan diserang oleh bakteri-bakteri, maka perlahan akan menjelma menjadi tumor dan kanker.

Jika dibiarkan penyakit ini bisa berakibat fatal karena memiliki risiko kematian atau paling tidak pengangkatan rahim.

Baca juga :  Gaya hidup sehat ala Selebriti

4.    Kanker Payudara

Jenis kanker ini juga paling banyak menyerang wanita karena perkembangan sel kanker berasal dari saluran susu atau lobulus. Selama ini selain faktor usia dan keturunan, faktor kebiasaan seperti merokok dan minum alkohol juga ditengarai menjadi salah satu penyebab dari berkembangnya kanker ini.

5.    Kanker Pankreas

Kanker pankreas selama ini dikenal dengan julukan “silent killer” karena gejalanya yang susah untuk dideteksi. Karena sulit untuk terdiagnosis, maka pengidap kanker ini sering kali baru terlihat ketika telah mencapai stadium tertentu.

Faktor penyebabnya juga berasal dari gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum alkohol, minuman bersoda (soft drink), serta pola makan tanpa asupan sayuran dan buah-buahan yang cukup.

6.    Kanker Kulit

Meski sangat jarang terjadi, kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang berbahaya, karena menyerang sel melanin yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Penyebabnya juga tidak hanya karena seringnya kita terpapar sinar matahari, tapi juga karena radiasi ionisasi sinar X yang ditimbulkan oleh pembangkit tenaga listrik.

7.    Kanker usus besar

Kanker ini menyerang usus besar (colon) bagian akhir dari sistem pencernaan yang berfungsi untuk melakukan ekstraksi air dan garam. Tidak jauh berbeda dengan kanker pankreas, kanker usus buntu juga banyak disebabkan oleh faktor gaya hidup dan pola makan. Seperti kebiasaan memakan daging-dagingan merah dan jarang mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Sering mngonsumsi junk food, minum alcohol, kebiasaan merokok, dan jarang olahraga juga bisa menjadi penyebabnya.

Setelah mengetahui risiko dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan penyakit kanker, akankah kita terus menjalani pola hidup yang tidak sehat? Yuk, mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat.

Baca juga :  Meningkatkan Daya Ingat Dengan 7 Cara ampuh

Sehat adalah salah satu kunci utama kebahagiaan. Kesehatan sangat berkaitan dengan tips bahagia lainnya. Download ebook 101 Rahasia Hidup Sehat untuk bisa mendapatkan tubuh yang fit dan tahan dari serangan penyakit.

  like this

Related Post

Leave a Reply