6 Menu Lebaran yang Lain dari Biasanya

menu lebaran lain dari biasanya

Apa menu lebaran Anda itu-itu saja? Ketupat, opor ayam, rendang daging, dan sambal goreng ati? Bosan dengan menu tersebut tapi tidak punya ide mau masak apa? Kalau begitu, cobalah delapan makanan dan minuman berikut ini untuk menu lebaran. Hidangan di bawah ini mungkin tidak biasa kamu temui saat lebaran, tapi justru menjadi menu khas lebaran di belahan lain bumi ini.

1. Sayur Labu

Alih-alih memasak opor ayam, cobalah sayur labu untuk lebaran kali ini. Biasanya, komposisi menu lebaran merupakan menu minim sayur. Oleh karena itu, sayur labu khas Aceh ini bisa menjadi alternatif sayur. Kuahnya yang bersantan akan tetap membuatnya cocok dimakan bersama ketupat.

2. Mi

Memasak mi untuk lebaran? Mengapa tidak? Apalagi mi adalah salah satu menu favorit anak-anak. Di Cina, mi khas lebaran dikenal dengan nama La Mian. Adapun di India, terdapat Samia yang juga merupakan hidangan mi khas lebaran.

3. Pie Ayam

Siapa bilang lebaran hanya boleh makan kue kering seperti nastar dan kastengel? Kue basah, seperti pie ayam yang gurih dan pedas, juga layak dicoba. Di Maroko, menu yang dikenal dengan Chicken Bastille ini biasa hadir mewarnai kehangatan hari raya.

4. Chocolate Muffin Cup

Anak-anak, yang biasanya tidak suka pedas, bisa dimanjakan dengan chocolate muffin cup saat lebaran. Akhir-akhir ini, kue ini juga merupakan tren di Indonesia. Chocolate muffin cup merupakan kombinasi antara cookies dan chocolate muffin. Kue ini sebenarnya adalah kue kering yang berbentuk seperti kue muffin. Di dalam kue kering ini, terdapat isian cokelat yang digemari oleh anak-anak.

Baca juga :  Percakapan Antara Cacing Tanah dan Manusia

5. Sate

Sate tidak hanya bisa disajikan saat Iduladha. Tidak ada salahnya menyajikan sate ketika Idulfitri juga. Bagi warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri, kegiatan bakar sate bersama saat lebaran menjadi aktivitas yang begitu menyenangkan. Sambil berkumpul dengan rekan-rekan senegara, bersama mengenang rindu kampung halaman, diselingi dengan mengipasi sate bergantian agar tidak gosong. Acara seperti ini bisa ditiru oleh para perantau di Indonesia yang tidak bisa mudik alias pulang kampung. Terlebih, sate bukanlah menu yang sulit untuk dibuat. Menu ini cocok untuk para bujang dan juga bapak-bapak yang mencari menu mudah untuk dimasak bersama saat lebaran.

6. Es kopyor

Selain makanan, minuman segar juga diperlukan saat lebaran. Jika es kelapa muda sulit ditemukan karena penjualnya sedang mudik, es kopyor ini bisa menjadi alternatif yang tidak kalah menyegarkan. Serat-serat tipis putih yang menyerupai kelapa dalam es kopyor dapat dibuat dari agar-agar putih dan santan.
***
Jadi, menu lebaran bukan hanya ketupat dan opor ayam kan? Keenam menu di atas pantas dicoba agar lebaran kali ini jadi lain dari biasanya.

  like this

Related Post

Leave a Reply