6 Hal Aneh Ini Justru Membuat Anda Bahagia

hal aneh bikin bahagia

The Happy Dept telah banyak membahas sumber kebahagiaan, bahkan 50 diantaranya telah terangkum dalam ebook 50 Ways to Hack Happiness yang bisa Anda download secara gratis. Namun ternyata ada pula hal-hal nyeleneh yang justru bisa menciptakan kebahagiaan.

Daftar hal aneh berikut sekilas terdengar tidak terbayangkan sebagai sumber kebahagiaan, namun ketika Anda mencobanya, Anda akan terkejut.

1. Film Tragis yang Menguras Air Mata

Film roman yang berakhir tragis memang bisa membuat Anda menangis di bioskop. Tapi, peneliti di Ohio State University melaporkan setelah menangis tersedu-sedu, plot yang menyedihkan justru membuat Anda bahagia karena bersyukur akan kehidupan Anda yang tak setragis roman tersebut. Anda bisa mencoba memilih film tragis yang diangkat dari kisah nyata. Misalnya film berjudul “The Vow” ataupun film bertema perang seperti “Boy with Stripped Pajamas”. Setelah menonton, perasaan sedih dan sesak dalam hati justru membuat Anda merasa lebih menikmati hidup Anda yang lebih baik.

2. Bertambah Tua

Survei baru-baru ini menunjukkan bahwa 42 persen orang yang berusia di atas 50 tahun mengatakan merasa optimis dalam menjalani hidupnya dan 60 persen mengaku merasa lima tahun lebih muda. Hasil ini diperkuat dengan hasil scan otak yang menunjukkan bahwa di usia berapapun, sel di otak yang disebut sel abu-abu akan menimbulkan respons bahagia setiap kita melihat sesuatu yang baik seperti cokelat, bayi yang lucu, dan tindakan kebaikan.

3. Senyum yang Dibuat-buat

Berpura-pura senyum terbukti bisa meredakan stres dan membuat suasana hati membaik. Peneliti di University of Kansas menggunakan sumpit yang diletakkan di mulut sukarelawan untuk membuat senyum lebar, senyum standar, dan wajah netral. Beberapa orang juga diminta tersenyum seperti biasa. Mereka kemudian diminta meletakkan tangannya ke air es untuk mengukur kadar stres yang dirasakan. Hasilnya, orang-orang yang tersenyum, walaupun palsu memiliki detak jantung yang lebih rendah dan ini berarti mereka tidak stres.

Baca juga :  Berkunjung ke Keluarga Pacar untuk Pertama Kalinya? Inilah Delapan Cara Mengatasi Malu dan Canggung di Depan Keluarga Pasangan!

4. Hari Kamis

Peneliti di London School of Economics melacak suasana hati 45.000 orang melalui aplikasi smartphone yang disebut Mappiness. Hasilnya, Senin dikatakan sebagai hari yang membuat mereka malas, Selasa dan Rabu dianggap sebagai hari yang menyedihkan lalu Kamis-lah hari yang membuat orang paling bahagia karena akan segera memasuki hari Jumat dan akhir pekan.

5. Menjadi ‘Enough Mother’

Menjadi intense mother yakni terlalu memperhatikan anak-anaknya  sampai mengabaikan kesehatan bisa membuat ibu lebih stres. Maka dari itu perlu bagi para wanita untuk menyeimbangkan kehidupan pribadinya dan perannya sebagai ibu karena tak selamanya juga anak harus selalu berada di bawah pengawasan Anda. Mereka pun ingin memiliki me time.

6. Membaca Koran

Sebuah studi dari University of Maryland terhadap kegiatan waktu luang yang dilakukan 30.000 orang menemukan bahwa sekadar melongok koran untuk mengetahui kabar terbaru lebih membuat orang senang daripada harus melihat berita di televisi. Berita di koran membuat orang lebih fokus dan meresapi berita yang mereka baca. Selain itu bacaan di koran membuat orang lebih intuitif dan merasa lebih cerdas dan berpengetahuan. Banyak kolom dalam koran yang bisa dieksplorasi, begitu pula aneka ragam berita yang terkadang tidak ditemukan di Televisi

source: prevention & detik

  like this

Related Post

Leave a Reply