5 Tips Mendapatkan Asisten Rumah Tangga yang Cocok

mendapatkan asisten rumah tangga

Kesulitan mendapatkan asisten rumah tangga yang cocok? Artikel ini dapat membantu Anda.
Di negara kita ini, memang sudah menjadi hal yang umum bila memiliki asisten rumah tangga. Kondisi ini memang sangat berbeda dengan kondisi di luar negeri, ketika tenaga kerja mahal dan tidak bisa didapatkan dengan mudah. Nah, bagaimana tips untuk mendapatkan seorang asisten rumah tangga yang sesuai dengan keinginan Anda?
Memilih asisten rumah tangga yang cocok, baik, dan jujur itu sangatlah penting. Ini bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah karena seorang asisten rumah tangga, akan menjadi seorang yang dekat dengan anak-anak Anda di rumah, dengan barang berharga Anda, hingga binatang kesayangan.
Jadi mari kita lihat 5 tips berikut ini, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan, seperti banyak diberitakan di televisi.

1. Pilihlah Melalui Keluarga, Teman, dan Lingkungan Terdekat untuk Mendapatkan Asisten Rumah Tangga

Cara memilih calon PRT melalui lingkungan terdekat kita menjadi cara paling baik dibandingkan memilih asisten melalui agen penyalur PRT. Kita bisa mengetahui identitas mereka dengan lebih lengkap, serta latar belakang dan asal-usulnya.
Terlebih akan lebih baik jika ada teman atau tetangga yang pernah menggunakan jasanya. Cara ini dianggap paling tepat karena kita harus tetap waspada untuk menghindari adanya tindak kriminal yang tidak diharapkan.

2. Mempertimbangkan Usia serta Kesehatannya

Usia ideal PRT adalah 18 hingga 35 tahun. Jangan memilih PRT yang masih terlalu muda, karena selain mereka belum berpengalaman, juga masih berada di masa puber sehingga kurang bisa fokus dengan pekerjaannya. Sedangkan bila lebih tua dari usia ideal, masih bisa ditolerir karena akan lebih matang dan berpengalaman sebagai asisten rumah tangga yang terampil.
Jangan lupa mempertimbangkan juga kesehatan calon PRT baik jasmani maupun rohani, sehingga Anda tidak khawatir bila PRT sering tidak masuk bekerja karena sakit-sakitan.

Baca juga :  Percakapan Antara Cacing Tanah dan Manusia

3. Ajak Bicara Layaknya Wawancara

Sebelum mempekerjakan seorang PRT, sebaiknya Anda mengajaknya berbicara layaknya sebuah wawancara kerja. Bila perlu siapkan daftar pertanyaan untuk Anda ajukan, untuk mengetahui lebih jauh tentang pekerjaannya, keterampilannya, serta dedikasinya.
Dengan begitu, Anda sudah bisa memperkirakan sebelumnya apakah calon PRT tersebut cocok, baik, dan jujur seperti kriteria yang Anda cari.

4. Pertimbangkan Kepribadian serta Penampilannya

Anda perlu mengetahui dengan baik calon PRT Anda, terkait kepribadiannya, penampilan, serta cara membawa diri. Anda harus memilih calon PRT yang meskipun sederhana namun bersih, bukan yang berpenampilan menor. Penampilan akan mencerminkan kepribadiannya juga. Bila PRT Anda jorok dan kurang baik pribadinya, Anda sendiri yang repot nantinya.

5. Jelaskan tentang Tugas dan Kompensasi

Setelah semua informasi dan wawancara dilakukan, Anda perlu menjelaskan dengan panjang lebar terkait tugas-tugas calon PRT ini. Jangan sampai ada salah paham nantinya, apakah dia hanya akan menjadi juru masak dan bersih-bersih rumah atau sekaligus menjadi pengasuh anak?

Bicarakan juga kompensasi yang akan diberikan dengan jelas dan memang layak untuk semua pekerjaan dan tanggung jawabnya. Tetapkan besar gaji mereka per bulan serta tunjangan lain, misalnya uang tambahan bila melewati jam kerja yang disepakati, apabila PRT tidak tinggal serumah, juga uang Tunjangan Hari Raya (THR), serta waktu cuti libur untuk pulang kampung. Anda perlu memperhatikan hak-hak mereka, agar mereka pun bisa bekerja dengan baik dan tenang.
Demikianlah 5 tips penting terkait mendapatkan asisten rumah tangga Anda, gunakan feeling Anda, saat pertama kali bertemu. Biasanya feeling ini banyak yang benar, meski terkadang meleset.

1 like

Related Post

Leave a Reply