5 Rahasia Bahagia yang Tak Disangka-Sangka

Rahasia Bahagia

Selamat bagi para Happyzen yang telah berhasil masuk ke halaman ini! Sebentar lagi Anda akan mendapatkan rahasia kebahagiaan sejati.

Siapa sih yang tidak ingin hidupnya bahagia, tenang dan bebas frustasi?

Bukan hanya Anda, tapi banyak orang selalu menyebutkan kata bahagia dalam doa dan harapan mereka. Sudahkah Anda merasakan bahagia yang sesungguhnya?

Cobalah Anda menjawab satu pertanyaan simple ini: Apa yang bisa membuat Anda bahagia?

Jawaban setiap orang pasti beragam. Namun bila jawaban Anda adalah hal-hal yang berhubungan dengan materi, semisal liburan keliling dunia atau membeli mobil mewah keluaran Eropa, bisa jadi inilah saatnya Anda untuk merenungkan kebahagiaan yang lebih sejati.

Kebahagiaan yang berupa materi hanyalah berlangsung sesaat. Pada akhirnya kebahagiaan sesaat itu tidak akan membuat Anda merasa damai dan tenang dalam kehidupan sehari-hari. Rasa stress dan frustasi masih bisa muncul seringkali dalam kehidupan Anda. Maka dari itu inilah saatnya Anda menguak rahasia kebahagiaan.

Hubungan yang Kuat dengan Orang-Orang Terdekat

Kita semua tahu bahwa manusia adalah makhluk sosial. Oleh karena itu, hubungan sosial sangatlah berpengaruh kuat pada tingkat kebahagiaan seseorang. Mereka yang memiliki hubungan yang dekat dengan pasangannya, keluarga, atau sahabat, mengaku sangat bahagia.

Seseorang yang kesepian akan cederung lebih rentan mengalami stress. Maka pastikan Anda tidak kesepian dengan cara membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang terdekat.
“Persahabatan adalah salah satu kebahagiaa utama hidup,” tutur David Niven, PhD, penulis The 100 Simple Secrets of Happy People.

Luangkanlah waktu lebih banyak dengan sahabat-sahabat Anda. Jangan sampai Anda kehilangan kekuatan hubungan persahabatan karena kesibukan hidup lainnya.

Sahabat yang memahami Anda adalah obat mujarab bagi segala kesedihan. Mereka tahu berbagai kejelekan yang Anda memiliki dan membuat Anda tertawa akan banyak hal. Hanya dengan mengingat bahwa Anda memiliki sahabat yang selalu ada untuk Anda akan membuat Anda lebih bahagia.

Maka dari itu, tak heran kehadiran seorang sahabat menjadi salah satu rahasia kebahagiaan utama.

Baca juga :  Tips Mendapatkan Tubuh Seperti Agnes Monica

Anda memiliki foto atau video yang mengabadikan momen bahagia Anda dengan sahabat? Jangan sampai terbuang sia-sia ya. Coba posting moment bahagia Anda di kompetisi happyscene. Siapa tahu Anda dapat hadiahnya yang bisa Anda gunakan untuk main bersama sahabat.

Bersemangat Dalam Berbagi Dengan Sesama

Sebaik-baiknya kehidupan adalah ketika seseorang dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Jangalah pernah ragu untuk berbagi. Tak melulu harus materi yang harus Anda bagi, Anda bisa membagikan keahlian Anda, membagikan energi dan waktu Anda untuk membantu orang lain, bahkan Anda juga dapat membagi kebaikan-kebaikan kecil dalam kehidupan sehari hari.

Siapa saja bisa berbagi. Jangan pernah merasa kurang untuk berbagi. Bayangkan di dunia ini ada ada pemulung miskin yang mampu mengadopsi 30 bayi yang dibuang. Ada ibu rumah tangga biasa yang memberikan ilmu secara gratis pada wanita-wanita kurang mampu korban prostitusi. Masih merasa Anda kurang?

Ketika Anda berbagi, Anda akan lebih menyadari kelebihan yang Anda miliki dalam hidup. Alhasil, kepuasan batin ketika melihat orang lain bahagia karena apa yang Anda miliki pada akhirnya akan membuat Anda lebih bahagia.

Tak heran orang-orang terkaya di dunia seperti Bill Gates pun rela membagikan sebagian hartanya untuk kepentingann sosial. Ujung-ujungnya, kekayaan melimpah bukanlah kunci kebahagiaan sesungguhnya. Justr ketika kita dapat membagikan apa yang kita miliki, kebahagiaan itu akan muncul dengan sendirinya. Buktikanlah rahasia kebahagiaan mujarab yang satu ini.

Berpetualanglah dalam Hidup. Lakukan Sesuatu yang Anda Anggap tak Mampu Anda Lakukan

Bayangkan hidup orang yang lurus-lurus saja dan tak pernah mencoba hal-hal yang menarik hatinya karena dia menganggap hal tersebut tidak pantas atau tidak sanggup dia lakukan. Apakah dia bahagia? Tentu tidak.

Cobalah Anda membayangkan masa-masa sekolah dulu. Ingatan manakah yang membuat Anda tersenyum bahagia? Apakah ingatan ketika Anda sibuk mengerjakan PR hingga larut malam? Ataukah ingatan ketika Anda membolos kelas untuk bermain bola bersama teman-teman? Silahkan Anda pikirkan.

Setiap orang memiliki petualangan mereka sendiri. Orang terkadang harus mengambil resiko, dan terkadang gagal. Hidup yang stagnan dan dipenuhi usaha keras untuk mencapai sesuatu seringkali justru membuat orang jadi bosan dan stress. Berbeda dengan mereka yang mampu merasakan petualangan “gila” sekali-kali dalam hidupnya.

Baca juga :  Inilah Tanda Istri Cerdas Mengatur Finansial Keluarga

“Apabila segala hal yang Anda lakukan dalam hidup selalu main aman, Anda tidak akan pernah memiliki momen menarik maupun pengalaman gila yang bisa Anda kenang. Padalah hal-hal tersebut adalah emosi nyata yang membuat Anda merasa benar-benar hidup,” Brian Luke Seaward, PhD, penulis buku Quiet Mind, Fearless Heart menjelaskan.

Inilah rahasia kebahagiaan yang patut Anda coba. Rencanakan liburan keluar negeri secara tiba-tiba, atau kumpulkan keberanian untuk menyatakan cinta pada seseorang yang selama ini tidak pernah mengetahui perasaan Anda. Buang jauh-jauh rasa malu ataupun takut. Inilah saatnya Anda memulai petualangan baru!

Hiduplah dengan Seimbang. Tidak Ada yang Sempurna. Jadilah Malas Sewaktu-waktu.

Poin ke-4 masih erat berkaitan dengan poin ke-3. Pada intinya seseorang yang terus menerus berusaha melakukan yang terbaik tidak akan mendapat jaminan kebahagiaan. Hidup yang penuh kebosanan dan stress bisa menyerang orang-orang pekerja keras. Pada saat itu, rasa malas justru menjadi penyelamat dan pemberi rasa bahagia.

Jangan salah sangka dulu, Happyzen! The Happydept bukan bermaksud mangajarkan Anda untu menjadi pribadi yang malas. Satu hal yang harus Anda garis bawahi adalah keseimbangan dalam malas dan pekerja keras.

Ketika Anda tengah pusing menghadap laptop untuk mengerjakan pekerjaan kantor yang menumpuk, sesekali bukalah browser untuk mencari berita terbaru dari artis favorit atau hobi kesukaan Anda. Ketika Anda tengah berada dalam diet ketat, cobalah membeli 1 fast food yang selama ini Anda inginkan. Namun jangan sampai Anda lengah. Ingat, Anda harus tetap seimbang! Tetaplah menjadi pekerja keras meskipun Anda sesekali melakukan kemalasan-kemalasan.

Jadwalkan keseimbangan hidup Anda, misalnya hari Senin Selasa adalah hari Anda akan fokus dengan pekerjaan dan tugas-tugas berat. Sementara hari Rabu Kamis Anda akan lebih fokus pada hobi Anda untuk bermalas-malasan main game atau kencan dengan pasangan.

Baca juga :  Teruntuk Ibu Rumah Tangga dan Mereka yang Berencana Menjadi Salah Satunya

Rasa malas akan membantu Anda menimati hidup dengan lebih baik. Anda akan hidup pada saat itu dan memanfaatkan momen itu untuk menyegarkan pikiran. Namun tetap bertanggung jawablah dengan tugas-tugas Anda.

Jangan pernah salahkan diri sendiri saat Anda malas, Anda berhak untuk menikmati hidup Anda!

Lepaskan dan Bebaskan

Rahasia bahagia yang satu ini harus selalu Anda ingat baik-baik. Anda harus rela melepaskan apapun dalam kehidupan Anda yang Anda tahu tak lagi Anda butuhkan. Baik itu melepaskan mantan yang dulu pernah Anda sayang, atau melepaskan baju dan sepatu mahal yang sudah tidak lagi Anda pakai.

Jangan karena alasan “masih sayang”, Anda jadi ragu untuk melepaskan hal-hal yang hanya kan membebani pikiran Anda. Memenuhi kehidupan Anda dengan orang-oang yang memberi pengaruh negatif dan galau tidak akan memberikan Anda keuntungan apapun. Begitu pula dengan menumpuk barang-barang yang sudah tak lagi Anda pakai. Waktu, energi, serta tempat yang Anda miliki akan lebih banyak terkuras. Padahal tiga hal tersebut adalah modal yang sangat Anda butuhkan untuk mendapatkan kebahagiaan baru dalam hidup.

Terlalu banyak menyimpan hal yang tidak perlu akan membuat Anda merasa penat serta tidak tertata rapi. Berbagai aspek dalam kehidupan Anda akan terasa lebih berantakan. Apakah Anda ingin ini terjadi? Tentu tidak bukan?

Mulai bulatkan tekat untuk melepaskan apa yang sudah tak lagi Anda perlukan. Dengan demikian, Anda akan lebih terfokus pada kebahagiaan yang akan datang. Mulailah kehidupan baru yang lebih baik. Berkenalanlah dengan orang-orang baru yang lebih baik. Kumpulkan uang untuk membeli barang-barang baru yang lebih berkualitas. Selamat mencoba!

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang rahasia kebahagiaan hidup, jangan lupa untuk download ebook 50 Ways to Hack Happiness dari The Happy Dept. Ebook ini berisi tentang berbagai hal yang dapat mendatangkan kebahagiaan dalam hidup Anda secara cepat dan mudah. Tunggu apa lagi, download Ebook ini mumpung masih gratis khusus untuk Anda.

2 likes

Related Post

Leave a Reply