5 Kebiasaan Sederhana untuk Hidup Sehat

5 Kebiasaan Sederhana untuk Hidup Sehat

Menjalani hidup sehat sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu menghentikan kebiasaan buruk dan beralih pada kebiasaan yang sederhana namun penuh manfaat berikut ini.

1.    Makan Banyak Buah dan Sayuran

Manfaat buah dan sayuran sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, kaya serat, vitamin, serta antioksidan, buah dan sayuran dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 76% serta berperan dalam menurunkan risiko kanker, seperti kanker payudara. Selain itu, buah dan sayuran juga bagus untuk kesehatan pencernaan, kulit, dan rambut. Konsumsilah buah dan sayuran minimal tiga kali sehari, lebih banyak lebih baik.

2.    Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang wajib Anda lakukan setiap hari. Saat ini sudah banyak jenis olahraga yang diperkenalkan ke masyarakat umum terutama wanita, seperti pilates, yoga, zumba, belly dance, bahkan muay thai.  Anda bisa mencoba salah satunya. Namun jika olahraga tadi terlalu berat untuk Anda, cobalah olahraga umum lainnya seperti lari, joging, atau sekadar berjalan cepat selama 30 menit setiap harinya. Olahraga berperan penting bagi kesehatan manusia secara umum, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, melancarkan metabolisme, dan menghilangkan stres.

3.    Jangan Makan Terlalu Banyak

Mengontrol nafsu makan terkadang sulit bagi sebagian orang. Padahal, makan terlalu banyak sangat tidak baik bagi tubuh dan membuat orang menjadi malas. Saat terbaik untuk makan adalah saat Anda merasa lapar, dan berhentilah makan saat perut sudah terisi 80%. Jadi, berhentilah makan sebelum merasa kenyang.
Sebuah penelitian juga menemukan bahwa makan lebih sedikit dapat memperlambat proses penuaan. Tapi, bukan berarti Anda tidak boleh makan sama sekali ya. Tetaplah mengikuti aturan diet seimbang yang sesuai.

Baca juga :  Selebriti yang Tetap Sukses Meskipun Menderita Bipolar

4.    Berhenti Merokok

Merokok adalah salah satu musuh utama kesehatan. Hasil penelitian yang dirilis oleh American Journal of Public Health mengungkapkan bahwa wanita yang berhenti merokok pada usia 35 tahun akan memperpanjang umur mereka 6 sampai 8 tahun. Berhenti merokok juga menurunkan risiko berbagai penyakit, terutama yang berhubungan dengan kesehatan paru-paru. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok selama ada kemauan.

5.    Bergaul dengan Keluarga dan Banyak Teman

Hidup sehat tidak hanya berhubungan dengan kesehatan tubuh saja, namun mencakup kondisi mental seseorang juga. Apakah Anda pernah mendengar bahwa seseorang bisa meninggal karena merasa kesepian?
Kesepian dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan peradangan, serta menjadi penyebab utama depresi. Hindari hal ini dengan banyak bergaul, terutama dengan keluarga dan sahabat Anda. Memiliki hubungan erat dengan mereka dapat memberikan perasaan aman, nyaman, ketenangan, dan kondisi mental yang lebih stabil.

 

Memiliki gaya hidup yang sehat tidak hanya membuat tubuh Anda sehat dan terlihat lebih muda, namun juga memperpanjang usia dan menjauhkan Anda dari depresi. Perbaiki kualitas hidup Anda dengan hidup sehat sekarang juga.

  like this

Related Post

Leave a Reply