4 Cara Agar Lebih Rileks di Tempat Kerja

rileks di tempat kerja

Ketika stres saat bekerja, yang Anda butuhkan adalah sedikit waktu untuk bersantai. Penelitian menunjukkan bahwa relaksasi sangat berguna untuk meningkatkan kebahagiaan selama masa stres. 4 tips berikut akan membantu memaksimalkan istirahat singkat Anda agar perasaan jadi lebih santai.

1.    Luangkan Waktu Berjalan di Sekitar Kantor
Bila kantor Anda memiliki taman, menghabiskan waktu istirahat dengan duduk atau berjalan di sekitarnya dapat meningkatkan relaksasi dan kepuasan Anda dengan lingkungan kerja. Karyawan dengan akses ke taman dapat menghasilkan kualitas karyawan yang lebih baik.

2.    Ubah Background Desktop Anda
Jika tak tersedia taman di kantor Anda, Anda masih dapat menerima beberapa manfaat positif dari alam hanya dengan mengubah background desktop Anda dengan pemandangan alam. Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa menjernihkan otak dengan berfokus pada alam dapat membantu Anda bersantai dan kembali fokus dalam waktu kurang dari 5 menit.

3.    Meditasi
Meditasi telah terbukti oleh para ilmuwan untuk membantu dalam relaksasi dan menghilangkan stres. Anda dapat mulai mendapatkan manfaat dari meditasi dalam waktu sesingkat 5-10 menit – cocok untuk istirahat singkat atau sisa jam makan siang. Sebuah metode meditasi sederhana yang diajarkan oleh Bhante Sujatha, seorang biarawan dari Sri Lanka, adalah tutup mata Anda dan katakan kalimat ini berulang-ulang kepada diri sendiri: “Saya sehat, saya bahagia, saya merasa damai.” Anda dapat mengganti kalimat tersebut dengan kutipan, kata-kata, atau ayat yang bermakna dan membangkitkan semangat Anda.

4.    Tawarkan Bos Anda Manfaat dari Lingkungan Kerja yang Santai
Penelitian menunjukkan perbaikan dalam perilaku kerja karyawan dan bahkan penurunan dalam absen ketika perusahaan memberikan pelatihan dan sarana bagi karyawan untuk dapat bersantai. Bagikan artikel ini, tunjukkan e-book50 Ways to Hack Happiness“, dan rekomendasikan hal-hal sederhana seperti menambahkan kursi nyaman untuk bersantai. Bigger office? Think big!

Ingat, tubuh kita dirancang untuk beristirahat di antara periode stres. Keempat tips ini akan membantu Anda mengambil jeda dari stres kerja untuk membantu pikiran Anda bersantai, memungkinkan Anda untuk melalui hari dengan produktivitas lebih baik.

Baca juga :  13 Cara Mudah Menikmati Traveling Anti-Mainstream

 

Dewi Martina, penulis artikel ini adalah kontributor/featured writer yang memenangkan Kompetisi Menulis Artikel mingguan thehappydept. Anda juga ingin menulis artikel di thehappydept.com? Segera kirim karya Anda melalui halaman berikut ini: sini.

1 like

Related Post

Leave a Reply