11 Manfaat Travelling untuk Kebahagiaan Hidup

11 Manfaat Travelling untuk Kebahagiaan Hidup

Apakah Anda pecinta traveling? Beruntunglah Anda, karena mereka yang gemar traveling memiliki tingkat kebahagiaan yang tinggi. Bukan rahasia lagi, traveling memang memiliki banyak manfaat.

Travelling dalam bentuk bussiness trip maupun jalan-jalan bersama keluarga bisa membuat pikiran lebih santai dan rileks. Stres pun bisa dilupakan secara cepat.

The Happy Dept akan mengungkap 11 Manfaat Travelling yang berhubungan erat dengan kebahagiaan hidup seseorang:

1. Menguatkan Rasa Percaya Diri

Ada waktu saat setiap orang harus menghadapi situasi yang tidak diharapkan ketika berada di perjalanan. Meskipun sudah merencanakan sebaik mungkin, keadaan bisa berubah 180 derajat. Apa pun yang terjadi, ada cara untuk mengatasi masalah tersebut. Mengetahui bahwa diri kita bisa ‘berdamai’ dengan keadaan yang tidak diperkirakan bisa meningkatkan percaya diri dan kita pun mendapat kebahagiaan.

2. Merasakan Kebahagiaan dari Orang Lain di Tempat Baru

Ketika penduduk lokal di tempat yang kita kunjungi berbahagia, banyak senyum dan ramah, kita pun merasakan pengaruhnya. Berhadapan dengan wajah-wajah bahagia itu, membuat rasa kesal dan lelah di perjalanan hilang. Hal-hal seperti itu bisa meningkatkan mood kita dan merupakan kebiasaan baik yang bisa kita bawa ketika pulang ke rumah nanti.

3. Merindukan Keluarga dan Merasakan Cinta yang Lebih Kuat Ketika Jauh dari Mereka

Saat travelling, menelepon ke rumah bukanlah sebuah kewajiban, namun menjadi sesuatu yang sangat ingin kita lakukan karena tidak ada yang lebih bersemangat mendengarkan kisah perjalanan kita selain orang tua.

4. Mengenal Orang Baru dan Mendapatkan Teman Baru

Lebih mudah mendapatkan teman baru ketika sedang traveling daripada di rumah. Ketika seseorang berada jauh dari rumah, lebih sedikit batasan yang mereka punya dan mendapatkan teman baru jadi lebih mudah. Bisa orang lokal yang sangat penasaran dari mana kita berasal, atau traveler lain yang ingin patungan biaya taksi. Melebarkan pergaulan memungkinkan kita berbicara lebih banyak, bertemu dengan orang-orang baru yang menarik dan mendapat banyak pelajaran dari mereka.

Baca juga :  Seimbangkan Pekerjaan dengan Kehidupan Pribadi

5. Beristirahat Sejenank dari Hiruk Pikuk Media Sosial

Media sosial bisa berpengaruh baik dan buruk bagi kita. Namun, lebih sehat bagi seseorang untuk istirahat dari internet sejenak. Ketika di perjalanan, kita bisa lupa dengan media sosial karena terlalu asik dengan pemandangan dan pengalaman yang kita dapatkan.

6. Waktu untuk Diri Sendiri Lebih Berharga

Travellng memberikan ruang bagi kita untuk “bernapas”. Memilki momen untuk merasakan kedamaian dan ketenangan di perjalanan melepaskan tekanan dan stres dari diri kita.

7. Belajar Lebih Banyak Hal Baru

Belajar memasak makanan Thailand maupun bahasa baru, traveling menyediakan cara bagi kita untuk terus mengembangkan wawasan. Belajar membuat otak kita terus aktif, yang menurut para psikolog, dapat meningkatkan kebahagiaan kita. Apalagi ketika kita mempelajari hal yang menyenangkan.

8. Tubuh Menyerap Lebih Banyak Vitamin D

Salah satu dari 11 alasan mengapa traveling membuat kita lebih bahagia adalah mendapatkan tambahan vitamin D. Tidak ada keraguan bahwa sinar matahari dapat memberikan efek suasana hati yang lebih baik. Sebuah penelitian mengatakan, paparan cahaya matahari yang didapat dari traveling membuat orang merasa lebih baik dan hal ini berlangsung hingga beberapa minggu setelah liburan.

9. Menjadi pribadi yang Lebih Menarik

traveling memberikan banyak pengalaman aneh, lucu, dan terkadang serius yang dekat dengan kehidupan banyak orang. Menceritakan pengalaman tersebut membuat kita paling tidak merasa menjadi pribadi yang menarik. Membuat orang tertawa meningkatkan rasa percaya diri, jadi ceritakanlah pengalaman traveling kepada mereka!

10. Pengalaman Baru Untuk Diingat dan Diceritakan Kembali

Bagi sebagian orang, traveling berguna untuk mencari pengalaman baru. Mengingat kembali momen membahagiakan di perjalanan dapat memberikan kepuasan lagi meskipun sudah lama berlalu. Anda juga dapat menceritakan pengalaman Anda kepada orang-orang yang Anda temui di masa yang akan datang.

Baca juga :  Review 4 Tempat Buka Puasa Ngehits di Berbagai Daerah

11. Efek Travelling Berlangsung Lama

Travelling tidak hanya memberikan efek dalam jangka waktu yang pendek, tetapi juga membuat kita lebih puas, bahagia dan santai dalam jangka waktu yang panjang. Ketika sudah berada d rumah, pengalaman traveling yang lalu meninggalkan banyak kenangan dan kemampuan baru – seperti rasa percaya diri, wawasan yang luas, cara pandang dan teman baru, hal-hal yang membuat kita lebih bahagia.

Itulah alasan mengapa travelling membuat kita lebih bahagia. Carilah waktu liburan dan buat diri kita lebih bahagia! Bila Anda memiliki momen travelling yang tak terlupakan jangan lupa untuk membagikan foto maupun videonya melalui kompetisi #happyscene dari thehappydept.com. Biarkan dunia tahu kebahagiaan Anda saat travelling serta menangkan hadiah jutaan rupiah yang menanti Anda!

sumber: Kompas & Huffingtonpost

  like this

Related Post

Leave a Reply